Text
Perbandingan keefektifan metode pembelajaran problem solving dan team assisted individualization terhadap hasil belajar siswa mata pelajaran ekonomi kelas X di SMAN 91 Jakarta
ABSTRAK
ARRAHMI PUTRIA MUCHTARAM. Perbandingan Keefektifan Metode
Pembelajaran Problem Solving dan Team Assisted Individualization Terhadap Hasil
Belajar Siswa Mata Pelajaran Ekonomi Kelas X DI SMAN 91 Jakarta. Konsentrasi
Pendidikan Ekonomi Koperasi, Program Studi Pendidikan Ekonomi, Fakultas
Ekonomi, Universitas Negeri Jakarta, 2016.
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbandingan keefektifan metode
pembelajaran Problem Solving dan Team Assisted Individualization terhadap hasil
belajar mata pelajaran ekonomi kelas X Di SMAN 91 Jakarta. Penelitian ini
menggunakan metode quasi eksperimen dengan non equivalent design yang dibagi
menjadi kelas eksperimen 1 diberi perlakuan dengan metode Problem Solving dan
kelas ekperimen 2 dengan metode Team Assisted Individualization. Pengumpulan
data pada penelitian ini menggunakan tes kemampuan kognitif pada materi Sistem
dan Alat Pembayaran berupa nilai dari pre test dan post test.Teknik analisis data
menggunakan uji normalitas dan homogenitas, uji persamaan rata- rata, uji perbedaan
rata-rata dua sampel berpasangan dan uji hipotesis. Hasil uji normalitas dan
homogenitas kedua kelas pada pre test maupun post test kedua kelas menunjukan
data yang berdistribusi normal dan homogen. Uji persamaan rata- rata menunjukkan
bahwa kelas X IIS 2 dan X IIS 3 memiliki kemampuan yang sama sehingga mampu
diberi perlakukan.
Pengujian hipotesis dilaksankan dan menunjukkan bahwa hasil belajar siswa kelas X
di SMAN 91 dengan menggunakan metode Problem Solving lebih tinggi dibanding
menggunakan metode Team Assisted Individualization.
Kata Kunci : Keefektifan, Problem Solving, Team Assisted Individualization, hasil
belajar
Bibliografi : lembar 117-119
SS00010532 | SK 10532 | UPT Perpustakaan UNJ (CD.08.2016.008) | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain