Text
Pengaruh strategi pembelajaran dan percaya diri terhadap hasil belajar tolak peluru gaya o'brien : studi eksperimen pada siswa kelas VII SMP Negeri 25 Palembang
ABSTRAK
Penelitian ini adalah bertujuan untuk mengetahui dampak dari Strategi Pembelajaran
(Inkuiri dan Konvensional) dan percaya diri terhadap hasil belajar tolak peluru gaya
O’brien, dalam hal Percaya Diri tinggi dan Percaya Diri rendah. Sesuai dengan
permasalahan, desain penelitian ini adalah treatment by level 2 x 2. Analisis varian
antara kelompok ditingkat signifikan α = 0.05. Penelitian ini juga bertujuan untuk
mengetahui interaksi antara strategi pembelajaran dan percaya diri terhadap hasil
belajar tolak peluru gaya O’brien. Penelitian ini dilakukan di SMP Negeri 25
Palembang Sumatera Selatan. Sampel yang digunakan dalam penelitian ini
berjumlah 80 siswa, kemudian dibagi menjadi empat kelompok, sehingga setiap
kelompok terdiri dari 20 siswa yang menjadi objek pada penelitian ini. Teknik analisa
data adalah analisa varian dua jalur dan dilanjutkan dengan uji tukey dengan taraf
signifikan α = 0.05. hasil penelitian ini menunjukan bahwa (1) Hasil pembelajaran
tolak peluru bagi kelompok yang belajar dengan strategi pembelajaran inkuiri secara
keseluruhan lebih baik dibandingkan dengan kelompok yang belajar dengan
menggunakan strategi pembelajaran konvensional, (2) terdapat interaksi antara
strategi pembelajaran dengan percaya diri terhadap hasil belajar tolak peluru gaya
O’brien. (3) Bagi siswa yang memiliki percaya diri tinggi, hasil belajar tolak peluru
gaya O’brien melalui penerapan strategi pembelajaran inkuiri lebih baik
dibandingkan dengan strategi pembelajaran konvensional, (4) Bagi siswa yang
memiliki percaya diri rendah, hasil belajar tolak peluru gaya O’brien melalui
penerapan pembelajaran konvensional lebih baik dibandingkan dengan strategi
pembelajaran inkuiri.
Kata Kunci: Pembelajaran Tolak Peluru, Percaya Diri, Strategi Pembelajaran Inkuiri
dan Strategi Pembelajaran Konvensional
Bibliografi : lembar 91-92
TM00001956 | TM 1956 | UPT Perpustakaan UNJ (CD.07.2016.003) | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain