Text
Pengaruh konsep diri dan kemandirian belajar terhadap hasil belajar pada siswa kelas IX SMK Negeri 25Jakarta
ABSTRAK
SUKOWATI CATUR RIZKI. Pengaruh Konsep diri dan Kemandirian Belajar Terhadap Hasil Belajar Pada Siswa Kelas XI SMK Negeri 25 Jakarta. Skripsi, Jakarta: Program Studi Pendidikan Ekonomi, Fakultas Ekonomi, Universitas Negeri Jakarta, 2016.
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh konsep diri dan kemandirian belajar terhadap hasil belajar pada siswa kelas XI SMK Negeri 25 Jakarta, baik secara parsial maupun secara simultan. Penelitian ini menggunakan metode survey dengan pendekatan kuantitatif. Pengumpulan data menggunakan teknik pencatatan dokumen, pengamatan dan kuesioner. Populasi terjangkau dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas XI di SMK Negeri 25 Jakarta yang berjumlah 171 orang siswa dengan sampel 114 orang siswa. Teknik analisis data yang digunakan adalah uji persyaratan analisis, regresi linear berganda, dan uji hipotesis yang terdiri atas uji t dan uji F. Berdasarkan hasil analisis data diketahui bahwa ada pengaruh secara parsial antara konsep diri dengan hasil belajar. Dapat dilihat dari hasil analisis data yang menunjukkan nilai thitung sebesar 7,769 lebih besar dari ttabel sebesar 1,98. Kemandirian belajar secara parsial juga terdapat pengaruh terhadap hasil belajar, hal ini dilihat dari hasil analisis data yang menunjukkan nilai thitung sebesar 14,799 lebih besar dari ttabel sebesar 1,98. Secara simultan ada pengaruh antara konsep diri dan kemandirian belajar terhadap hasil belajar. Dapat dilihat dari hasil analisis data yang menunjukkan nilai Fhitung sebesar 158,195 lebih besar dari nilai Ftabel sebesar 3,07. Terdapat pengaruh yang positif dan berarti antara konsep diri dan kemandirian belajar dengan hasil belajar dengan koefisien korelasi ganda 0,860 dengan demikian, hipotesis penelitian diterima, selanjutnya diketahui koefisien determinasi (R2) sebesar 74%. Dapat disimpulkan terdapat pengaruh positif dan signifikan antara konsep diri dan kemandirian belajar terhadap hasil belajar pengantar akuntansi siswa kelas XI SMK Negeri 25 Jakarta Selatan.
Kata Kunci : Konsep diri, Kemandirian Belajar, Hasil Belajar
Bibliografi : lembar 102-104
SS00010536 | SK 10536 | UPT Perpustakaan UNJ (CD.08.2016.001) | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain