Text
Pengaruh pola asuh orang tua terhadap kemandirian belajar siswa kelas X SMK Tunas Harapan Jakarta
ABSTRAK
RICKY DHARMAWAN SAMSU. Pengaruh Pola Asuh Orang Tua Terhadap Kemandirian Belajar Siswa Kelas X SMK Tunas Harapan Jakarta. Konsentrasi Pendidikan Akuntans,i Program Studi Pendidikan Ekonomi, Fakultas Ekonomi, Universitas Negeri Jakarta, 2016.
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Pengaruh Pola Asuh Orang Tua Terhadap Kemandirian Belajar Siswa Kelas X SMK Tunas Harapan Jakarta berdasarkan data dan fakta yang valid serta dapat dipercaya.
Penelitian dilakukan di SMK Tunas Harapan Jakarta. Metode yang digunakan adalah metode survey. Populasi terjangkau dalam penelitian ini adalah siswa kelas X SMK Tunas Harapan Jakarta sebanyak 353 orang siswa. Teknik pengambilan sampel menggunakan proportional random sampling sehingga didapatkan sampel sebanyak 177 siswa. Untuk menjaring data dari kedua variabel digunakan instrument penelitian berbentuk skala likert untuk pola asuh orang tua (Variabel X) dan kemandirian belajar (Variabel Y)
Persamaan regresi dalam penelitian ini adalah Ŷ = 73,65+ 0,24 X. Dari persamaan tersebut dilakukan uji persyaratan liliefors didapat Lhitung < Ltabel (0,05829 < 0,0660. Hal itu berarti data berdistribusi normal. Pada uji kelinieran regresi didapat Fhitung (0,94) < Ftabel (1,48) yang dapat disimpulkan bahwa model regresi berbentuk linier. Sedangkan untuk uji keberartian didapat Fhitung (20,13) > Ftabel (3,89) yang menandakan persamaan regresi berarti. Hasil uji koefisien korelasi dengan menggunakan product moment dari Pearson diperoleh nilai rxy 0,523. Hal ini berarti terdapat hubungan yang positif antara pola asuh orang tua terhadap kemandirian belajar. Dari perhitungan Uji-t didapat thitung = 8,12 > ttabel = 1,97 yang menunjukkan adanya hubungan yang signifikan antara variabel X yaitu pola asuh orang tua dengan variabel Y yaitu kemandirian belajar. dari hasil perhitungan diperoleh koefisien determinasi 27,37% sehingga dapat dikatakan bahwa variabel Y kemandirian belajar ditentukan oleh variabel X pola asuh orang tua sebesar 27,37%.
Kata kunci: pola asuh orang tua, kemandirian belajar
Bibliografi : lembar 72-73
SS00010539 | SK 10539 | UPT Perpustakaan UNJ (CD.08.2016.007) | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain