Text
Pengaruh model pembelajaran scramble terhadap hasil belajar sejarah siswa kelas XI di SMA Negeri 107 Jakarta
ABSTRAK
Muhammad Irham Romadhon. Pengaruh Model Pembelajaran Scramble Terhadap Hasil Belajar Sejarah Siswa SMAN 107 Jakarta. Skripsi, Jakarta : Prodi Pendidikan Sejarah, Fakultas Ilmu Sosial, Universitas Negeri Jakarta, 2016.
Penelitian ini bertujuan untuk mendapatkan data empiris tentang pengaruh model pembelajaran Scramble terhadap hasil belajar sejarah. Peneltian ini dilakukan di SMAN 107 Jakarta dari bulan Januari sampai maret 2016. Pendekatan penelitian yang digunakan adalah pendekatan kuantitatif dengan metode eksperimen. Populasi target dalam penelitian ini adalah seluruh siswa SMAN 107 Jakarta yang berjumlah 512 siswa, sedangkan populasi terjangkaunya siswa kelas XI, terdiri dari 7 kelas yang berjumlah 240 siswa. Teknik pengambilan sampel menggunakan Randon Sampling. Sampel yang diambil dua kelas yaiu kelas XI SOS-2 dengan jumlah siswa 34 orang sebagai kelas eksperimen dan XI SOS-1 dengan jumlah siswa 34 orang sebagai kelas kontrol.
Hasil uji coba instrumen dengan menggunakan rumus Spearman Brown menghasilkan 40 soal dari 60 soal, dan diperoleh nilai realibilitas sebesar 0,926 yang berarti instrumen dapat digunakan. Uji persyaratan analisis menggunakan uji normalitas pada kelas eksperimen diperoleh Lh (0,085) < Lt (0,152) maka sebaran data berdistribusi normal dan pada kelas kontrol diperoleh Lh (0,166) < Lt (0,152) maka sebaran data berdistribusi normal. Uji homogenitas menggunakan uji Barlett dan diperoleh 2hi (0,067) < 2ta (3,84) maka varians homogen.
Pengujian hipotesis menggunakan rumus uji t menghasilkan thitung 5,056 > ttabel 2,00 pada taraf kepercayaan 95% (α = 0,05), maka H0 ditolak dan H1 diterima. Dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh penggunaan model pembelajaran Scramble terhadap hasil belajar sejarah siswa SMAN 107 Jakarta.
Bibliografi : lembar 37-38
SS00010579 | SK 10579 | UPT Perpustakaan UNJ (CD.04.2016.005) | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain