Text
Pengaruh penggunaan media video terhadap hasil belajar IPS : studi quasi eksperimen pada siswa kelas VII SMP Negeri 8 Jakarta
ABSTRAK
Muhamad Dinar, Pengaruh Penggunaan Media Video Terhadap Hasil Belajar
IPS (Studi Eksperimen Pada Siswa Kelas VII SMP Negeri 8 Jakarta). Skripsi.
Jakarta: Program Studi Pendidikan Ilmu Pengetahuan Sosial, Jurusan Pendidikan
Ilmu Pengetahuan Sosial, Fakultas Ilmu Sosial, Universitas Negeri Jakarta, 2016.
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah media video
berpengaruh terhadap hasil belajar IPS di SMP Negeri 8 Jakarta. Penelitian ini
dilakukan di SMP Negeri 8 Jakarta dengan sampel kelas VII. Sampel penelitian
diambil secara purposive random sampling yang dilakukan secara acak dengan
pertimbangan tertentu. Penelitian ini mengunakan metode quasi eksperimental
yaitu untuk mengetahui pengaruh dari perlakuan (treatment) yang dilakukan
berupa penggunaan media video terhadap hasil belajar IPS. Teknik pengumpulan
data dengan melakukan tes awal (pre-test), dan tes akhir (post-test). Setelah data
terkumpul, maka langkah selanjutnya uji prasyarat analisis dilanjutkan dengan uji
hipotesis. Berdasarkan hasil analisis akhir yang telah dilakukan dengan uji
normalitas menggunakan Uji Liliefors dan uji homogentitas mengunakan Uji
Fisher menunjukan bahwa kedua sampel berasal dari populasi yang berdistribusi
normal dan homogen.
Hasil penelitian menunjukan bahwa nilai thitung lebih besar dari ttabel (3,604
> 1,995) pada materi kegiatan ekonomi dan pemanfaatan potensi sumber daya
alam dengan taraf signifikan 0,05 yang artinya hipotesis Ha diterima. Hasil ini
menunjukan bahwa media video memiliki pengaruh yang cukup signifikan
terhadap hasil belajar IPS siswa kelas VII di SMP Negeri 8 Jakarta. Hal ini dapat
terlihat dari banyak siswa yang tertarik dan aktif dalam proses pembelajaran
setelah diberi perlakuan mengunakan media video sehingga hasil belajar yang
diperoleh baik.
Kata kunci: Media Video, Hasil Belajar IPS
Bibliografi : lembar 71-72
SS00010580 | SK 10580 | UPT Perpustakaan UNJ (CD.04.2016.006) | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain