Text
Metadiscourse markers in introduction sections of master theses : a content analysis of English education master programs in Jakarta
ABSTRAK
Yoga Putra Alam. 2016. Penanda Metadiscourse di Bagian Pendahuluan Tesis (Analisis Isi di Program Magister Pendidikan Bahasa Inggris di Jakara). Tesis. Jakarta: Program Magister Pendidikank Bahasa Inggris, Fakultas Bahasa dan Seni, Universitas Negeri Jakarta.
Metadiscourse merupakan aspek mendasar dalam penulisan akademik, terutama dalam menulis tesis. Metadiscourse digunakan untuk memfasilitasi, mendukung, dan membangun hubungan antara penulis dengan pembaca. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menganalisis penggunaan penanda metadiscourse di bagian pengantar yang ditulis oleh Program Magister Pendidikan Bahasa Inggris di Jakarta. Penelitian ini menggunakan analisis isi untuk mengidentifikasi, mengklasifikasikan, dan menganalisis penanda metadiscourse berdasarkan model metadiscourse Hylanfd (2005). Data penelitian ini adalah 30 bagian pendahuluan dari tesis, yang terdiri dari masing-masing 10 bagian pendahuluan tesis dari 3 perguruan tinggi di Jakarta; UNINDRA, UHAMKA, dan UNJ. Data penelitian ini adalah penanda metadiscourse yang diidentifikasi dalam teks tersebut. Penelitian ini menemukan bahwa dari 1668 penanda metadiscourse yang terdentifikasi, 537 penanda (32,19%) dikategorikan sebagai Transitions, diikuti oleh Evidentials dengan 305 penanda (18,29%). Transitions digunakan untuk membangun koneksi antara argumen atau wacana dengan menunjukkan hubungan aditif, kontrastif, dan penyebab. Evidentials digunakan untuk merujuk kepada sumber yang dapat dipercaya untuk mendukung argumen atau wacana dalam teks. Secara umum, penanda metadiscourse digunakan oleh penulis sesuai dengan fungsinya. Penggunaan penanda metadiscourse yang sesuai dengan fungsinya akan meningkatkan kualitas penulisan akademik, terutama dalam menulis tesis.
Kata kunci : Metadiscourse, Penanda Metadiscourse, Kategori Metadiscourse,
Fungsi Metadiscourse
Bibliografi : lembar 78-81
TM00001925 | TM 1925 | UPT Perpustakaan UNJ (CD.02.2016.004) | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain