Text
Pengaruh model pembelajaran project based learning (PBL), motivasi dan gaya belajar "vak" terhadap kemampuan berpikir kritis siswa SMA pada materi ekosistem
ABSTRAK
Berpikir kritis merupakan hal yang penting dimiliki oleh siswa sebagai suatu keterampilan berpikir dalam mendukung pembelajaran mandiri dan berbasis penelitian. Salah satu upaya untuk memenuhi kebutuhan proses pembelajaran tersebut adalah melaksanakan pembelajaran berbasis proyek dengan memperhatikan faktor motivasi dan gaya belajar siswa. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran project based learning, motivasi, dan gaya belajar VAK terhadap kemampuan berpikir kritis siswa SMA pada materi ekosistem. Metode penelitian ini adalah Quasi Experiment dengan desain faktorial 2x2x3. Penelitian ini dilakukan pada siswa SMA kelas X di SMAN 48 Jakarta dan SMAN 68 Jakarta pada bulan Maret - Mei 2016.
Data dikumpulkan dengan menggunakan kuesioner untuk motivasi dan gaya belajar serta tes kemampuan berpikir kritis. Data dianalisis dengan uji General Linear Model Univariat Anova pada α = 0,05. Seluruh kelompok memiliki data yang berdistribusi normal dan homogen.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) model pembelajaran project based learning mempengaruhi kemampuan berpikir kritis siswa, (2) motivasi mempengaruhi kemampuan berpikir kritis siswa, (3) gaya belajar VAK tidak mempengaruhi kemampuan berpikir kritis siswa, (4) interaksi antar dua variabel bebas yang diteliti (model pembelajaran*motivasi, model pembelajaran*gaya belajar VAK, dan motivasi*gaya belajar VAK) tidak memberikan pengaruh terhadap kemampuan berpikir kritis siswa dan (5) interaksi model pembelajaran, motivasi, dan gaya belajar memberikan pengaruh terhadap kemampuan berpikir kritis siswa.
Kata Kunci : kemampuan berpikir kritis, motivasi, project based learning,
gaya belajar “VAK”.
Bibliografi : lembar 90-95
TM00001930 | TM 1930 | UPT Perpustakaan UNJ (CD.07.2016.004) | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain