Text
Pengembangan lembar kerja peserta didik multimedia materi pencemaran lingkungan sebagai media pembelajaran bagi peserta didik SMA kelas X
ABSTRAK
RAHMAT FADRIKAL, PENGEMBANGAN LEMBAR KERJA PESERTA
DIDIK MULTIMEDIA MATERI PENCEMARAN LINGKUNGAN SEBAGAI
MEDIA PEMBELAJARAN BAGI PESERTA DIDIK SMA KELAS X. Tesis.
Jakarta: Program Studi Pendidikan Biologi Jenjang Magister, Fakultas
Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam, Universitas Negeri Jakarta.
2016.
Kompetensi yang harus dimiliki peserta didik adalah bertanggung
jawab terhadap lingkungan dan menguasai media, teknologi informasi,
dan komunikasi. Berdasarkan hasil analisis kebutuhan 100% peserta didik
memiliki dan sudah bisa menggunakan perangkat komputer atau laptop.
Walaupun begitu, telepon pintar, komputer, dan laptop belum banyak
digunakan sebagai media pembelajaran. Media pembelajaran yang
banyak digunakan di sekolah adalah buku cetak (27%). Oleh karena itu,
perlu dikembangkan Lembar Kerja Peserta Didik (LKP) multimedia materi
pencemaran lingkungan sebagai media pembelajaran. Tujuan dari
penelitian ini adalah untuk mengembangkan dan menguji keefektifan LKP
multimedia materi pencemaran lingkungan sebagai media pembelajaran
biologi. Penelitian dilaksanakan pada bulan April - Mei 2016 dengan
tempat penelitian di SMAN 77 Jakarta dan SMAN 21 Jakarta. Sampel
yang digunakan sebanyak 197 orang. Metode penelitian yang digunakan
adalah metode research and development (R&D). Metode Quasi
Eksperimen digunakan untuk menguji keefektifan produk. Hasil penelitian
menunjukkan bahwa LKP multimedia materi pencemaran lingkungan layak
sebagai media pembelajaran biologi. Hasil uji Wilcoxon diperoleh nilai
signifikansi (p)=0,00, dengan rata-rata kenaikan nilai sebesar 3,97. Hasil
uji tersebut menggambarkan bahwa peserta didik yang yang
menggunakan LKP multimedia materi pencemaran lingkungan mengalami
kenaikan skor dari pre-tes ke pos-tes secara signifikan sebayak 3,97.
Kata Kunci: lingkungan, LKP, media pembelajaran, multimedia, peserta didik
Bibliografi : lembar 96-102
TM00001932 | TM 1932 | UPT Perpustakaan UNJ (CD.03.2016.001) | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain