Text
Pengaruh model pembelajaran time token arends terhadap hasil belajar PPKN : studi eksperimen siswa kelas VIII di SMP Negeri 6 Kota Bekasi
ABSTRAK
Dita Desviani Adi. Pengaruh Model Pembelajaran Time Token Arends Terhadap Hasil Belajar PPKN Siswa SMP Negeri 6 Bekasi. Skripsi. Jakarta: Program Studi Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaran, Fakultas Ilmu Sosial, Universitas Negeri Jakarta, 2016.
Penelitian ini bertujuan untuk mendapatkan data tentang pengaruh model pembelajaran Time Token Arends terhadap hasil belajar PPKN di SMP Negeri 6 Bekasi. Penelitian ini dilaksanakan selama dua bulan, terhitug mulai Februari 2016 sampai April 2016 di SMP Negeri 6 Bekasi. Pendekatan yang digunakan berupa pendekatan kuantitatif dengan metode eksperimen. Populasi keseluruhan adalah siswa Kelas VIII SMP Negeri 6 Bekasi yang berjumlah 356 siswa, sehingga didapatkan sampel yaitu kelas VIII-1 sebanyak 38 siswa sebagai kelas eksperimen dan VIII-3 sebanyak 38 orang sebagai kelas kontrol. Pengambilan sampel dilakukan dengan cara teknik simple random sampling. Instrumen yang digunakan berupa tes pilihan ganda yang berjumlah 30 soal, dilakukan sebnayak 2 kali yaitu pre test dan post test.
Uji persyaratan analisis dilakukan melalui uji normalitas dan uji homogenitas. Pengujian normalitas dengan menggunakan uji Lilliefors pada kelas eksperimen diperoleh Lhitung < Ltabel yaitu 0.077 < 0.144 maka sebaran data berdistribusi normal dan pada kelas kontrol diperoleh Lhitung < Ltabel yaitu 0.104 < 0.144 maka sebaran data berdistribusi normal. Uji homogenitas menggunakan uji Fisher diperoleh Fhitung (1.05) < Ftabel (1.73), maka varians adalah sama atau homogen.
Pengujian hipotesis menggunakan rumus uji-t, maka diperoleh harga 2,547 yang artinya lebih besar dari harga t pada tabel sebesar 1,993 pada taraf kepercayaan 90% (α = 0.05), maka H0 ditolak dan H1 diterima. Dapat disimpulkan bahwa model pembelajaran Time Token Arends berpengaruh terhadap hasil belajar PPKN di SMP Negeri 6 Bekasi.
Kata Kunci: Time Token Arends, Hasil Belajar
Bibliografi : lembar 55
SS00010612 | SK 10612 | UPT Perpustakaan UNJ (CD.04.2016.001) | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain