Text
Meningkatkan penguasaan unsur-unsur musik melalui media lagu model pada siswa kelas III : penelitian tindakan kelas di SDN Guntur 03 Pagi Jakarta Selatan
MENINGKATKAN PENGUASAAN UNSUR-UNSUR MUSIK MELALUI
MEDIA LAGU MODEL PADA SISWA KELAS III
SDN GUNTUR 03 PAGI JAKARTA SELATAN (2016) DIMAS PRATAMA
ABSTRAK
Penelitian tindakan kelas ini bertujuan untuk meningkatkan penguasaan
unsur musik pada siswa kelas III SD. Subjek dalam penelitian ini adalah
kelas siswa kelas III SDN Guntur 03 Pagi Jakarta Selatan sebanyak 35
orang. Model yang digunakan adalah metode penelitian tindakan kelas,
dengan desain tindakan yang dipakai menurut Kemmis dan MC Taggart
yang dalam satu siklusnya terdiri dari empat komponen yaitu, perencanaan,
pelaksanaan tindakan, pengamatan, dan refleksi. Pengumpulan data yang
dilakukan dengan menggunakan instrumen tes praktik/uji keterampilan dan
catatan lapangan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa media lagu model
dapat dijadikan salah satu media untuk meningkatkan penguasaan unsur
musik siswa kelas III SD. Berdasarkan data penelitian persentase nilai ratarata
siswa siklus I sebesar 67%, persentase ini meningkat pada siklus II yaitu
menjadi 79%. Berdasarkan data pemantau tindakan guru pada siklus I
adalah 64% dan meningkat menjadi 87% pada siklus II. Pemantau tindakan
siswa pada siklus I adalah 63% dan meningkat menjadi 82% pada siklus
II. Implikasi dari hasil penelitian ini adalah bahwa proses pembelajaran musik
melalui media lagu model dapat meningkatkan penguasaan unsur-unsur
musik pada siswa kelas III SDN Guntur 03 Pagi Jakarta Selatan.
Kata kunci: meningkatkan penguasaan unsur musik, lagu model.
Bibliografi : lembar 79-80
SS00010636 | SK 10636 | UPT Perpustakaan UNJ (CD.01.2016.009) | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain