Text
Meningkatkan hasil belajar metematik dengan menggunakan alat permainan edukatif papan bilah penjumlahan bagi siswa tunagrahita ringan kelas IV di SLB Nusantara Depok Jawa Barat
MENINGKATKAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA DENGAN MENGGUNAKAN ALAT PERMAINAN EDUKATIF PAPAN BILAH PENJUMLAHAN BAGI SISWA TUNAGRAHITA RINGAN KELAS IV DI SLB NUSANTARA DEPOK JAWA BARAT
(2016)
Ayu Shella
ABSTRAK
Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar matematika dengan menggunakan alat permainan edukatif papan bilah penjumlahan bagi siswa tunagrahita ringan kelas IV di SLB Nusantara Depok Jawa Barat. Penelitian ini dilaksanakan pada bulan Januari sampai Juni 2016. Subyek penelitian ini adalah siswa tunagrahita ringan kelas IV yang berjumlah lima siswa. Penelitian ini dilaksanakan dalam dua siklus, yang pada setiap siklusnya menggunakan desain penelitian tindakan kelas yang terdiri dari empat tahapan, yaitu tahap perencanaan, tindakan dan pengamatan, serta refleksi. Pengumpulan data dilakukan dengan tes, observasi dan dokumentasi gambar. Hasil penelitian menunjukan bahwa APE papan bilah penjumlahan dapat meningkatkan hasil belajar matematika pada siswa tunagrahita ringan kelas IV di SLB Nusantara Depok Jawa Barat. Hasil penelitian menunjukkan ketuntasan penguasaan hasil belajar yang diharapkan yaitu peningkatan nilai minimal 30 poin. Siswa menjadi lebih bersemangat dan tertarik belajar matematika,suasana selama proses pembelajaran menjadi lebih menyenangkan. Diharapkan guru dapat melakukan peningkatan hasil belajar matematika menggunakan APE papan bilah penjumlahan dan APE lainnya yang lebih variatif.
Kata Kunci : Hasil belajar, Matematika, APE, Tunagrahita ringan.
Bibliografi : lembar 103-105
SS00010639 | SK 10639 | UPT Perpustakaan UNJ (CD.01.2016.007) | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain