Text
Sikap guru terhadap siswa dengan gangguan autis : penelitian survei di sekolah penyelenggaraan pendidikan inklus di Jakarta Timur
SIKAP GURU TERHADAP SISWA DENGAN GANGGUAN AUTIS (Penelitian Survei di Sekolah Penyelenggara Pendidikan Inklusi di Jakarta Timur) (2016) POPON PATIMAH ABSTRAK Penelitian ini bertujuan untuk memperoleh data empirik tentang sikap guru terhadap siswa dengan gangguan autis di sekolah penyelenggara pendidikan inklusi. Populasi dalam penelitian ini adalah semua guru SDN yang mengajar di sekolah penyelenggara pendidikan inklusi dan 30 guru dijadikan sampel penelitian. Pengambilan sampel menggunakan metode purposive sampel. Metode yang digunakan adalah metode survei, dengan teknik deskriptif. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini berupa angket isian tertutup dengan pola jawaban berskala Likert, sebelumnya instrumen ini telah diuji cobakan kepada pakarnya untuk mengetahui keabsahan dari tiap instrumen. Penelitian dilakukan di SDN Gedong 03 Pagi, SDN Gedong 04 Pagi, SDN Jatinegara Kaum 14 Pagi, SDN Cipinang Besar Utara 01 Pagi, SDN Cipayung 04 Pagi, SDN Lubang Buaya 01, SDN Kramat Jati 16 Pagi, SDN Kebon Pala 15 Pagi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa sikap guru terhadap siswa dengan gangguan autis di sekolah penyelenggara pendidikan inklusi adalah positif. Oleh sebab itu, sikap positif yang dimunculkan oleh guru kepada siswa autis sangat berpengaruh terhadap keberhasilan siswa autis sebagai siswa berkebutuhan pendidikan khusus. Kata Kunci: Sikap guru, pendidikan inklusi, gangguan autis.
Bibliografi : lembar 78-79
SS00010672 | SK 10672 | UPT Perpustakaan UNJ (CD.01.2016.009) | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain