Text
Pengembangan lembar kerja siswa dengan problem based learning untuk meningkatkan hasil belajar fisika materi pemanasan global
PENGEMBANGAN LEMBAR KERJA SISWA DENGAN PROBLEM BASED LEARNING UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR FISIKA MATERI PEMANASAN GLOBAL
ABSTRAK
Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan bahan ajar yaitu Lembar Kerja Siswa (LKS). Metode penelitian yang digunakan adalah Research and Development (RnD) dengan pendekatan Borg and Gall. LKS didesain menggunakan tahapan model pembelajaran Problem Based Learning (PBL). LKS ini dikembangkan untuk meningkatkan hasil belajar fisika pada peserta didik. Pengambilan data dilakukan dua tahap yaitu data primer dan sekunder. Data primer berupa hasil validasi ahli materi, ahli media, guru fisika dan peserta didik kelompok kecil. Data sekunder berupa data hasil tes peserta didik dan hasil kuisioner uji lapangan setelah pembelajaran menggunakan LKS. Instrument penelitian yang digunakan adalah kuisioner dan instrumen hasil belajar. Uji coba lapangan dilakukan pada 30 siswa kelas XI di SMA Negeri 29 Jakarta. Diperoleh hasil masing-masing validasi yaitu ahli materi fisika 85,57% (sangat baik), ahli media pembelajaran 74,90% (baik), uji coba guru fisika 84% (sangat baik) dan peserta didik kelompok kecil sebesar 76% (sangat baik). Sedangkan hasil kuisioner uji lapangan pada peserta didik adalah 77% (sangat baik). Berdasarkan penilaian tes (pre tes dan post tes) menunjukkan hasil masing-masing 51,90 (pre tes) dan 80,02 (post tes). Hal ini menjelaskan bahwa LKS dengan tahapan Problem Based Learning (PBL) materi Pemanasan Global layak untuk digunakan dan mampu meningkatkan hasil belajar fisika pada peserta didik di tingkat SMA.
Kata Kunci : Lembar Kerja Siswa, Problem Based Learning (PBL)
Bibliografi : lembar 113-116
TM00001934 | TM 1934 | UPT Perpustakaan UNJ (CD.07.2016.001) | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain