Text
Integrasi steam (science, technology, engineering, art, and mathematics) untuk mengembangkan soft skills siswa dalam pembelajaran kimia pada materi kelarutan dan hasil kali kelarutan di SMA Islam Terpadu
Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui Integrasi STEAM (Science, Technology, Engineering, Art, and Mathematics) dengan metode Project Based Learning untuk mengembangkan soft skills Siswa pada materi kelarutan dan hasil kali kelarutan di SMA Islam Terpadu Thariq Bin Ziyad. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas yang dilakukan di Kelas XI IPA 1 dan 2 di semester kedua tahun akademik 2015/2016. Data dikumpulkan melalui pengamatan terhadap Siswa menggunakan wawancara, observasi, jurnal reflektif, dan kuesioner abad ke-21 yang telah diadaptasi dari rubrik keterampilan abad ke-21 dan divalidasi. validasi internal (kredibilitas) dilakukan untuk menguji akurasi data penelitian yang diperoleh,yaitu prolonged engagement, persistent observation, progressive subjectivity, dan member checking. Pengembangan soft skills Siswa dapat diamati dari indikator (1) Kreativitas dan Inovasi, (2) Berpikir Kritis dan pemecahan masalah, (3) Komunikasi dan Kolaborasi, (4) Melek Informasi, (5) Melek Media (6) Melek ICT, (7) Fleksibilitas dan adaptasi, (8) Inisiatif dan Arah diri, (9) Keterampilan Sosial dan Silang Budaya, (10) Produktivitas dan Akuntabilitas, serta (11) Kepemimpinan dan Tanggung Jawab. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Integrasi STEAM dapat mengembangkan soft skills Siswa berdasarkan keterampilan abad 21. Integrasi STEAM dengan metode Project Based Learning membutuhkan arahan dan kejelian Guru dalam memilih proyek yang sesuai dengan pembelajaran dan kemampuan siswa.
Kata kunci: STEAM, Project Based Learning, Soft Skills, Pembelajaran Kimia
Bibliografi : lembar 92-94
TM00001936 | TM 1936 | UPT Perpustakaan UNJ (CD.03.2017.007) | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain