Text
Peningkatan kemampuan berpikir kritis peserta didik pada mata pelajaran sejarah melalui pendekatan pembelajaran konstruktivitik di Sekolah Menengah Atas : penelitian tindakan di SMA Negeri 42 Jakarta
ABSTRAK
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh pendekatan pembelajaran konstruktivistik pada peningkatan kemampuan berpikir kritis dan hasil belajar sejarah peserta didik. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode action research dengan desain model spiral Kemmis dan Mc Taggart. Instrumen yang digunakan adalah pedoman pengamatan untuk kemampuan berpikir kritis dan tes hasil belajar sejarah. Subjek penelitian adalah peserta didik kelas XII IPS 3 SMA Negeri 42 Jakarta yang berjumlah 33 orang.
Hasil penelitian: (1) Penerapan pendekatan pembelajaran konstruktivistik dapat meningkatkan kemampuan berpikir kritis dan hasil belajar Sejarah pada peserta didik; (2) Penanaman konsep materi melalui model pembelajaran konstruktivistik dapat mempercepat dan mempermudah pemahaman para peserta didik; (3) Lewat pendekatan pembelajaran konstruktivistik peserta didik kian aktif dalam mencari dan menggali pengetahuan baru; (4) Dalam prosesnya pendekatan pembelajaran konstruktivistik mampu menarik minat peserta didik dalam mempelajari mata pelajaran sejarah.
Kata Kunci : hasil belajar sejarah, pendekatan pembelajaran konstruktivistik, peningkatan berpikir kritis
Bibliografi : lembar 94-96
TM00001940 | TM 1940 | UPT Perpustakaan UNJ (CD.07.2016.001) | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain