Text
Pengembangan modul cetak mata pelajaran fisika berbasis masalah untuk siswa SMA Negeri 1 Fatuleu Barat
PENGEMBANGAN MODUL CETAK MATA PELAJARAN FISIKA BERBASIS MASALAH UNTUK SISWA SMA NEGERI 1 FATULEU BARAT
PENELITIAN PENGEMBANGAN
ABSTRAK
Penelitian pengembangan ini bertujuan untuk menghasilkan sebuah produk yang berupa modul pembelajaran fisika berbasis masalah untuk siswa SMA. Dikemas dalam bentuk cetak yang dapat digunakan untuk belajar mandiri. Penelitian ini juga memberikan gambaran yang menyeluruh dan mendetail mengenai proses pengembangan modul. Metode penelitian yang digunakan adalah metode pengembangan. Penelitian ini menggunakan model pengembangan Rowntree yang terdiri atas tiga tahap, yakni tahap perencanaan, tahap persiapan penulisan, serta tahap penulisan dan penyuntingan.
Tahap uji coba produk diawali dengan uji coba kepada ahli materi, dan media. Kemudian produk diuji cobakan kepada sejumlah siswa kelas X, yakni 3 orang untuk tahap face to face try out dan 30 orang untuk tahap field trial evaluation. Hasil penelitian menunjukkan perolehan skor rata-rata dari ahli materi 3,86 yang berarti produk dianggap baik dan ahli media 4,87 yang berarti produk dianggap sangat baik. Kemudian dalam tahap uji coba kepada siswa hasil skor rata-rata untuk tahap face to face try out sebesar 4,41 yang berarti produk dianggap sangat baik dan pada tahap field trial evaluation sebesar 4,03 yang berarti produk dianggap sangat baik. Hasil wawancara pada guru memperoleh hasil sangat baik. Kesimpulannya modul cetak mata pelajaran fisika berbasis masalah untuk siswa SMA sudah dapat dikatakan baik namun tetap perlu ada beberapa perbaikan sesuai dengan saran ahli, siswa sebagai pengguna, serta guru.
Bibliografi : lembar 118-119
TM00001945 | TM 1945 | UPT Perpustakaan UNJ (CD.07.2016.004) | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain