Text
Peristiwa G 30 S sebagai isu kontroversial pada mata pelajaran sejarah di SMA kota Bima
PERISTIWA G 30 S SEBAGAI ISU KONTROVERSIAL PADA MATA PELAJARAN SEJARAH DI SMA KOTA BIMA
EDY SUPARJAN
tanmaedysu@gmail.com
RINGKASAN
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan proses pembelajaran dengan materi G 30 S di SMAN 2 dan SMAN 4 Kota Bima. Penelitian dilakukan kepada kedua guru sejarah yang berbeda Peneliti juga mengamati metode, media dan sumber belajar apa saja yang digunakan dalam pembelajaran G 30 S.
Metode penelitian yang digunakan adalah metode kualitatif dengan menggunakan deskriptif analitis. Pengambilan data dalam penelitian ini menggunakan pedoman observasi, wawancara dan dokumentasi. Sumber data utama yang digunakan dalam penelitian ini: informan kunci yaitu wakasek Kurikulum dan informan inti yaitu guru sejarah dan siswa. Teknik pengumpulan data dilakukan melalui observasi, wawancara, dokumentasi. Prosedur analisis data dilakukan dengan mereduksi data, menyajikan data dan penarikan kesimpulan atau verifikasi. Sedangkan pemeriksaan data menggunakan objektifitas, transferbilitas dan triangulasi data.
Hasil penelitian menunjukan bahwa pembelajaran dengan materi G 30 S berlangsung monoton dan kurang menarik minat siswa, metode yang digunakan hanya menggunakan metode ceramah, tanya jawab dan pemberian tugas, media pembelajaran yang digunakan adalah papan white board dan buku paket sederhana. Sementara sumber belajar hanya menggunakan buku paket yang diterbitkan oleh penerbit swasta. Adapun faktor-faktor yang mempengaruhi keterlaksanaan pembelajaran G 30 S adalah siswa kurang menyenangi sejarah. Dari segi peran, guru mengajar dengan monoton serta kurang bervariasi. Selain itu, kesiapan guru dalam menggunakan Teknologi berbasis Informatika masih terbatas. Lalu aspek sarana prasarana seperti LCD, VCD, Laptop. Sumber referensi untuk bahan ajar masih kurang, seperti buku-buku koleksi di perpustakaan, isu kebangkitan PKI dan permintaan maaf pemerintah kepada PKI kurang
i
berpengaruh terhadap pola mengajar guru mengenai materi G 30 S serta Implementasi Kurikulum yang masih tidak konsisten sehingga berpengaruh terhadap kesiapan guru dalam mengajar.
Kata kunci : Pembelajaran, Gerakan 30 September, Mata pelajaran
Bibliografi : lembar 96-101
TM00001947 | TM 1947 | UPT Perpustakaan UNJ (CD.07.2016.007) | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain