Text
Peningkatan keterampilan berbicara formal bahasa Indonesia melalui metode Problem Based Learning (Action Research di Paket C PKBM Miftahul Jannah)
PENINGKATAN KETERAMPILAN BERBICARA FORMAL BAHASA
INDONESIA MELALUI METODE PROBLEM BASED LEARNING
Ajeng Tina Mulyana
ABSTRAK
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui cara penerapan metode pembelajaran berbasis masalah (problem based learning). Untuk meningkatkan keterampilan berbicara warga belajar materi mengungkapkan informasi melalui presentasi.Penelitian ini dilaksanakan di PKBM Miftahul Jannah, Pisangan Jakarta Timur, dengan subjek penelitian adalah warga belajar paket C darjah 2 serata SMA kelas 2 yang berjumlah 36 warga belajar. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan yang menggunakan model Kemmis dan Mc taggart, yang dilakukan selama tiga siklus. Masing-masing siklus terdiri tahap perencanaan, implementasi tindakan, pengamatan, dan refleksi tindakan. Proses pengumpulan data melalui tes berbicara dengan instrumen penilaian berbicara dan non tes dengan menggunakan lembar observasi aktivitas tutor dan warga belajar, catataan lapangan dan dokumentasi.Hasil penelitian menunjukan adanya peningkatan keterampilan berbicara warga belajar, khususnya materi mengungkapkan informasi melalui presentasi dengan menggunakan metode problem based learning (metode berbasis masalah). Hal ini dibuktikan dengan peningkatan nilai rata-rata dari siklus awal 51,39 ke siklus I menjadi 68,9 ke siklus II menjadi 82,36 kemudian ke siklus III menjadi 89,44. Peningkatan dari tes awal ke siklus I sebesar 16,8%, siklus II sebesar 14,17% dan siklus III sebesar 7,08%, sehingga dengan menggunakan metode problem based learning keterampilan berbicara dari siklus ke siklus mengalami pertambahan nilai.Implikasi dari penelitian ini mengindikasikan bahwa penggunaan metode berbasis masalah, membuat warga belajar lebih aktif belajar khususnya aktif berbicara karena proses pembelajaran dilaksanakan dengan melakukan pendekatan masalah nyata/kontekstual dengan pemahaman yang terintegrasi. Tutor bisa mengembangkan metode ini secara inovatif sesuai dengan kebutuhan warga belajar, sehingga proses pembelajaran menjadi dinamis dan bermakna.
Kata Kunci : Metode pembelajaran berbasis masalah (problem based learning),keterampilan berbicara.
Bibliografi : lembar 175-177
TM00004702 | TM 4702 | UPT Perpustakaan UNJ | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain