Text
Evaluasi implementasi program pembentukan karakter individual di TKK 3 Penabur Jakarta
ABSTRAK: Program Pembentukan Karakter Individual merupakan salah satu program yang memberikan pelayanan secara personal kepada siswa agar memiliki karakter positif. Evaluasi terhadap program ini dilakukan untuk menyempurnakan dan memperbaiki program yang telah berjalan sejak tahun ajaran 2010/2011 di 17 TK BPK PENABUR Jakarta. Pemilihan TKK 3 PENABUR sebagai tempat penelitian adalah karena sekolah ini cukup besar, dengan jumlah siswa yang banyak. Penelitian evaluasi ini menggunakan pendekatan naturalistic-partisipatif model STAKE dengan kerangka Antecendent, Transaction, dan Outcomes. Subjek dalam penelitian ini adalah kepala jenjang, wakil kepala sekolah, pendidik, siswa, dan orang tua siswa. Data dikumpulkan dengan instrumen observasi, wawancara, dokumentasi, dan angket. Dari hasil temuan penelitian pada masing masing komponen tahapan evaluasi menunjukkan implementasi program Pembentukan Karakter Individual di TKK 3 PENABUR Jakarta sudah sesuai dengan standar penyelenggaraan berkatagori baik. Namun perlu dibuat Standar Operasional Prosedur pelaksanaan program, dan singkronisasi dengan program lain yang terkait, Diperlukan juga pelatihan, seminar atau workshop sebagai bekal guru untuk melaksanakan program ini. Mengingat adanya beberapa guru baru, maka diperlukan bimbingan untuk membuat perencanaan, dan melaksanakan program, serta mendokumentasikan hasil pelaksanaan dengan baik. Kata Kunci: Evaluasi Program, Pembentukan Karakter Individual, Model Stake.
Bibliografi : lembar 187-191
TM00001989 | TM 1989 | UPT Perpustakaan UNJ (CD.07.2016.002) | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain