Text
Peningkatan keterampilan berbicara bahasa Inggris melalui model pembelajaran kolaboratif : : penelitian tindakan pada Mahasiswa Semester II Fakultas Sastra Jurusan Sastra Inggris, Universitas Methodist In donesia, Medan tahun ajaran 2012/2013
Ivanne Hilda Sionita Simanjuntak
RINGKASAN
Penelitian ini merupakan penelitian tindakan (Action Research) yang bertujuan untuk meningkatkan keterampilan berbicara bahasa Inggris mahasiswa melalui model pembelajaran kolaboratif. Penelitian ini dilaksanakan dalam dua siklus dan dilakukan pada mahasiswa semester II kelas II C tahun ajaran 2012/2013 yang berjumlah 22 orang. Data dalam penelitian ini terbagi dalam dua jenis, yaitu data kuantitatif dan data kualitatif. Data kuantitatif adalah hasil tes berbicara bahasa Inggris mahasiswa yang diperoleh dari nilai prates, tes akhir siklus pertama, dan tes akhir siklus kedua. Data tersebut dianalisis secara deskripsi dengan membandingkan persentase setiap tes. Data kualitatif berupa hasil observasi keseluruhan, dan aktivitas mahasiswa pada saat kegiatan pembelajaran berlangsung. Hasilpenelitian ini menunjukkan bahwa adanya peningkatan keterampilan berbicara bahasa Inggris mahasiswa melalui model pembelajaran kolaboratif. Peningkatan tersebut dapat diketahui dari perbandingan hasil prates, tes siklus I, dan tes siklus II. Hasil prates menunjukkan bahwa hanya 22,7% mahasiswa mencapai skor 70 atau ≥ 70. Pada hasil tes siklus I, persentase mahasiswa yang memenuhi standar penilaian penelitian meningkat menjadi 54,5%. Kemudian, hasil tes siklus II menunjukkan adanya peningkatan yaitu 81,8% mahasiswa dari jumlah keseluruhan mencapai target penelitian ini. Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa penerapan model pembelajaran kolaboratif dapat meningkatkan keterampilan berbicara bahasa Inggris mahasiswa.
Kata kunci: pembelajaran kolaboratif, keterampilan berbicara bahasa Inggris.
Bibliografi : lembar 182-186
TM00004721 | TM 4721 | UPT Perpustakaan UNJ (CD.07.2013.001) | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain