Text
The classroom activity of teaching and learning english vocabulary at the first year of SMP it IPPI Cakung : a case study
ABSTRAK
Febry Andriyanto. 2016. Aktifitas Belajar Mengajar Kosakat Bahasa Inggris didalam
kelas pada siswa-siswi tahun pertama SMP IT YP IPPI Cakung (Sebuah Studi Kasus).
Jakarta: Prodi Pendidikan Bahasa Inggris, Fakultas Bahasa dan Seni, Universitas
Negeri Jakarta.
Penelitian ini bertujuan untuk menggambarkan bagaimana kegiatan belajar mengajar
kosakata bahasa Inggris di kelas terjadi pada siswa tahun pertama SMP IT YP IPPI
Cakung. Data yang digunakan dalam penelitian ini adalah aktivitas belajar mengajar
kosakata di kelas. Instrumen penelitian ini adalah lembar observasi kelas, wawancara,
dan dokumen. Hasil observasi kelas dianalisis dengan menggunakan prinsip-prinsip
Pengajaran Kosakata yang dikembangkan oleh Paul Nation. Hasil penelitian
menunjukkan bahwa kegiatan belajar mengajar kosakata bahasa Inggris adalah guru
memberi makna dengan menggunakan; terjemahan bahasa pertama, menunjukkan
benda / gambar, demonstrasi cepat, contoh kalimat, dan menggarisbawahi referensi.
Guru menekankan kata dengan menunjukkan; bagaimana ejaan kata seperti ejaan katakata
yang dikenal, memberikan stress pattern dengan kata dan pengucapan,
menginstruksikan peserta didik untuk mengulang pengucapan, penulisan kata di papan
tulis, dan memperhatikan adanya kesalahan ejaan dalam kata. Guru juga menggunakan
baik presentasi lisan dan tertulis, menginstruksikan siswa untuk melihat kamus, melatih
peserta didik strategi dalam menebak kata menggunakan konteks, dan memberi
pengulangan latihan pada pengucapan. 25 poin aktifitas dilakukan dari total 36 poin
kegiatan dalam proses belajar mengajar. Kegiatan ini harus disajikan dengan metode
yang menarik untuk merangsang inisiatif siswa.
Kata Kunci: Vocabulary, Teaching and Learning, Case Study
Bibliografi : lembar 57-59
SS00010729 | SK 10729 | UPT Perpustakaan UNJ (CD.02.2016.004) | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain