Text
Hubungan antara pengetahuan tentang ekolabelling dan kepribadian dengan perilaku siswa counterproductive terhadap produk tidak ramah lingkungan : studi korelasional di SMA 7 Jakarta Pusat tahun ajaran 2016
HUBUNGAN ANTARA PENGETAHUAN TENTANG EKOLABELLING DAN
KEPRIBADIAN DENGAN PERILAKU SISWA COUNTERPRODUCTIVE
TERHADAP PRODUK TIDAK RAMAH LINGKUNGAN
(Studi Korelasional di SMAN 7 Jakarta Pusat Tahun Ajaran 2016)
AHMAD SYUKRON
Ahmadsyukron69@gmail.com
Mahasiswa S2 Pascasarjana Universitas Negeri Jakarta
Program Studi Pendidikan kependudukan dan Lingkungan Hidup
ABSTRAK
Tujuan penelitian ini adalah untuk menguji apakah terdapat hubungan positif
antara pengetahuan siswa tentang ekolabelling dengan perilaku siswa
counterproductive terhadap produk tidak ramah lingkungan, antara kepribadian
dengan perilaku siswa counterproductive terhadap produk tidak ramah lingkungan,
dan antara pengetahuan siswa tentang ekolabelling dan kepribadian dengan
perilaku siswa counterproductive terhadap produk tidak ramah lingkungan secara
bersama-sama.
Metode penelitian yang dipergunakan adalah metode survey, yaitu metode
penelitian yang digunakan untuk mengungkap pengaruh antara variabel
pengetahuan siswa tentang ekolabelling, kepribadian dan perilaku siswa
counterproductive terhadap produk yang tidak ramah lingkungan dan total sampel
sebesar 87 siswa. Populasi penelitian adalah siswa SMA Negeri 7 Jakarta Pusat,
dengan pengambilan sampel menggunakan teknik simple random sampling,
instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah tes dan nontes. Analisis
hasilnya: 1). Terdapat hubungan positif yang signifikan antara Pengetahuan tentang
Ekolabelling dengan Perilaku Siswa Counterproductive terhadap Produk tidak
Ramah Lingkungan. 2) Terdapat hubungan positif yang signifikan antara
Kepribadian dengan Perilaku Siswa Counterproductive terhadap Produk tidak
Ramah Lingkungan. 3) Terdapat hubungan positif yang signifikan antara
Pengetahuan tentang Ekolabelling dan Kepribadian secara bersama-sama dengan
Perilaku Siswa Counterproductive terhadap Produk tidak Ramah Lingkungan. Untuk
meningkatkan Perilaku Siswa Counterproductive terhadap Produk tidak Ramah
Lingkungan perlu dipertimbangkan faktor pengetahuan siswa tentang ekolabelling
dan kepribadian.
Kata kunci: Pengetahuan siswa tentang ekolabelling, kepribadian, perilaku siswa
counterproductive terhadap produk tidak ramah lingkungan
Bibliografi : lembar 129-131
TM00002022 | TM 2022 | UPT Perpustakaan UNJ (CD.07.2016.003) | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain