Text
Hubungan antara pengetahuan siswa tentang ekosistem dan kecerdasan naturalis dengan paradigma lingkungan : studi korelasi di SMA Negri 1 Wawonil Tenggara-Sulawesi Tenggara
HUBUNGAN ANTARA PENGETAHUAN SISWA TENTANG EKOSISTEM DAN KECERDASAN NATURALIS DENGAN PARADIGMA LINGKUNGAN
(Studi Korelasi di SMA Negeri 1 Wawonii Tenggara-Sulawesi Tenggara)
ABSTRAK
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah paradigma lingkungan dapat diprediksi dengan Pengetahuan tentang lingkungan dan Kecerdasan Naturalis dalam studi korelasional. Dalam studi ini, metode survei telah Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif, metode korelasional. Tehnik pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan instrumen dalam bentuk kuisioner. Sekitar 95 siswa yang dipilih secara acak oleh simple random sampling. Instrumen untuk setiap variabel dikembangkan untuk mengumpulkan data dan telah divalidasi dengan menerapkan Alpha Cronbach untuk menghitung keandalan.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa koefisien korelasi antara Pengetahuan Tentang Ekosistem dan Paradigm Lingkungan (rx1y) =0,349). Koefisien korelasi parsial antara Kecerdasan naturalis dan Paradigma lingkungan adalah (rx2y) =0.734). Hubungan antara kedua kecerdasan naturalis dan pengetahuan tentang ekosistem dengan paradigma lingkungan melalui model regresi.
Kata kunci: Paradigma lingkungan,pengetahuan siswa tentang ekosistem, kecerdasan naturalis.
Bibliografi : lembar 84-89
TM00002026 | TM 2026 | UPT Perpustakaan UNJ (CD.07.2016.004) | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain