Text
Pikiran kritis siswa terhadap pembiaran sampah di dasarkan dari pengetahuan tentang isu-isu lingkungan dan ekstroversi di bidang sosial : studi korelasional terhadap siswa SMEA Garuda di Jakarta Timur
PIKIRAN KRITIS SISWA TERHADAP PEMBIARAN SAMPAH DI
DASARKAN DARI PENGETAHUAN TENTANG ISU-ISU
LINGKUNGAN DAN EKSTROVERSI DI BIDANG SOSIAL
Studi korelasional terhadap siswa SMEA GARUDA di Jakarta timur
Rizqy muyassar
Mahasiswa PascaSarjana Universitas Negeri Jakarta
Program Studi Pendidikan Kependudukan Dan Lingkungan Hidup
Abstrak:
Permasalahan mengenai sampah juga merupakan masalah pelik yang dihadapi oleh warga di sekitar
Pasar Klender, yang terletak di kecamatan Pulo Gadung, Jakarta Timur. Untuk menghasilkan solusi
yang tepat untuk mengatasi maslah sampah tersebut, pikiran kritis siswa terhadap sampah harus
dimiliki. Pikiran kritis siswa terhadap sampah merupakan kemampuan siswa dalam mengidentifikasi
masalah sampah, menganalisisnya dan menghasilkan keptutusan solusi yang menurut siswa benar.
Untuk mendapatkan pikiran kritis pada siswa, perlu adanya pengkajian mengenai hubungan antara
pengetahuan tentang isu-isu lingkungan dan ekstrovert di bidang sosial dengan pikiran kritis terhadap
sampah. Penelitian akan menggunakan metode survey yang mencakup 80 siswa SMEA Garuda,
sebagai sample sekolah terdekat dengan pasar klender. Terdapat tiga instrument, pengukuran
pengetahuan tentang isu-isu lingkungan, ekstrovert di bidang sosial dan pikiran kritis siswa terhadap
sampah yang telah dilakukan proses validasi, regresi dan analisis korelasional untuk memverifikasi
adanya hubungan. Dari hasil penelitian terungkap bahwa terdapat hubungan positif antara
pengetahuan tentang isu-isu lingkungan dengan pikiran kritis siswa terhadap sampah, terdapat
hubungan positif dan signifikan antara ekstrovert di bidang sosial dengan pikiran kritis terhadap
sampah, dan terdapat hubungan positif antara pengetahuan tentang isu-isu lingkungan dan ekstrovert
di bidang sosial dengan pikiran kritis terhadap sampah. Sebagai kesimpulan, untuk meningkatkan
pikiran kritis siswa terhadap sampah, pengetahuan tentang isu-isu lingkungan dan ekstrovert di bidang
sosial dapat diperhitungkan.
Kata kunci: Korelasi, pengetahuan tentang isu-isu lingkungan, ekstrovert di bidang sosial,
pikiran kritis terhadap sampah
Bibliografi : lembar 59-60
TM00002027 | TM 2027 | UPT Perpustakaan UNJ (CD.07.2016.002) | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain