Text
Evaluasi program sekolah alam di SD sekolah alam Cikeas menggunakan model evaluasi iluminatif
ABSTRAK
Tujuan penelitian evaluasi ini untuk mengevaluasi karakteristik sekolah alam dan pelaksanaan
persekolahan di Sekolah Dasar Sekolah Alam Cikeas. Model Evaluasi yang digunakan adalah Model
Evaluasi Iluminatif dari Parlett dan Hamilton dengan dua komponen yaitu sistem instruksional dan
learning milieu. Metode kualitatif atau naturalistik digunakan dalam menjaring informasi melalui
observasi dan wawancara, sedangkan metode kuantitatif digunakan dalam menjaring data melalui
angket. Tahapan penelitian dibagi menjadi dua tahapan umum yaitu tahap observasi awal dan tahap
observasi terfokus. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Sekolah Alam Cikeas merupakan sekolah
yang mempunyai kepedulian tinggi terhadap aspek lingkungan hidup dan kebumian, pendidikan
karakter dan kewirausahaan. Pembelajaran dirancang secara tematik dengan model pembelajaran
inquiry learning. Kegiatan pembelajaran banyak memanfaatkan kegiatan belajar di luar ruangan yang
asri dan hijau dalam suasana yang nyaman. Suasana pembelajaran yang nyaman didukung pula oleh
pelaksanaan penilaian pendidikan yang menggunakan pendekatan autentik tanpa ulangan harian dan
UTS tertulis.
Kata kunci: Evaluasi Program, Model Evaluasi Iluminatif, Sekolah Alam
Bibliografi : lembar 203-208
TM00001992 | TM 1992 | UPT Perpustakaan UNJ (CD.07.2016.001) | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain