Text
Evaluasi program induksi guru pemula di kabupaten Belitung Timur : suatu penelitian evaluasi program dengan penerapan model CIPP
EVALUASI PROGRAM INDUKSI GURU PEMULA
DI KABUPATEN BELITUNG TIMUR
(Suatu Penelitian Evaluasi Program dengan Penerapan Model CIPP)
GAMA SANTOSA
ABSTRAK
Tujuan penelitian ini untuk mengetahui keterlaksanaan program induksi guru pemula di Kabupaten Belitung Timur. Pendekatan evaluasi program menggunakan model evaluasi CIPP ( Context, Input, Process, Product). Komponen konteks meliputi landasan yuridis formal penyelenggaran program induksi, tujuan, sasaran dan kebutuhan, komponen input meliputi buku panduan PIGP dan pendukungnya, strategi perencanaan PIGP oleh pengawas sekolah, strategi perencanaan PIGP oleh kepala sekolah, kriteria peserta induksi, strategi perencanaan PIGP oleh pembimbing, kegiatan evaluasi diri guru pemula, alokasi dana dan pemanfaatan TIK, komponen proses meliputi pelaksanaan program induksi dan komponen produk meliputi pencapaian nilai kompetensi, laporan pelaksanaan PIGP dan penerbitan sertifikat. Subyek penelitiannya kepala sekolah, guru pembimbing, guru pemula dan pengawas sekolah. Metode penelitian yang digunakan adalah metode evaluasi dengan teknik pengambilan data menggunakan kuesioner, dokumentasi, wawancara, dan observasi.
Hasil evaluasi menunjukkan bahwa komponen konteks masuk dalam kategori amat baik, hasil evaluasi masukan memiliki kategori cukup, hasil evaluasi proses memiliki kategori baik dan hasil evaluasi produk masuk dalam kategori baik. Secara keseluruhan program induksi guru pemula di Kabupaten Belitung Timur berjalan dengan baik, namun dari kegiatan strategi perencanaan harus diperbaiki.
Kata kunci : Evaluasi program, induksi, CIPP
Bibliografi : lembar 175-180
TM00001995 | TM 1995 | UPT Perpustakaan UNJ (CD.07.2016.004) | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain