Text
Pengaruh regulasi diri, literasi tik dan kemampuan berpikir logis terhadap hasil belajar algoritma pemrogramam siswa SMK : studi kausal pada siswa SMK di kabupaten Bogor
PENGARUH REGULASI DIRI, LITERASI TIK DAN KEMAMPUAN BERPIKIR LOGIS TERHADAP HASIL BELAJAR ALGORITMA PEMROGRAMAN SISWA SMK
(Studi Kausal pada SMK di Kabupaten Bogor)
Wulan Sukmawati
ABSTRAK
Abstrak: Pengaruh Regulasi Diri, Literasi TIK dan Kemampuan Berpikir Logis Terhadap Hasil Belajar Algoritma Pemrograman Siswa SMK. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh regulasi diri, literasi TIK dan kemampuan berpikir logis terhadap hasil belajar algoritma pemrograman siswa SMK. Sampel didapatkan dengan metode simple random sampling. Penelitian dilaksanakan dengan memberikan dua buah kuisioner mengenai regulasi diri dan literasi TIK serta test GALT (Group Assessment of Logical Thinking) yang dibuat oleh Roadrangka untuk mengukur kemampuan berpikir logis siswa. Untuk variabel dependent di ukur dengan menggunakan tes hasil belajar algoritma pemrograman. Instrumen penelitian ini telah melalui tahapan validasi oleh pakar dan panelis yang kemudian diujicobakan secara empiris kepada 30 siswa SMK kelas XI. Kemudian 200 siswa lainnya mengisi instrumen yang telah divalidasi sebagai data penelitian. Data penelitian dianalisis dengan menggunakan teknik analisis jalur dengan enam hipotesis. Selain itu digunakan program SPSS 17 dan Lisrel 8.80. Hasil dari penelitian menunjukan bahwa : 1) Hasil belajar algoritma pemrograman dipengaruhi secara langsung dan positif oleh regulasi diri, literasi TIK dan kemampuan berpikir logis, 2) kemampuan berpikir logis dipengaruhi secara langsung dan positif oleh regulasi diri dan literasi TIK, 3) Literasi TIK dipengaruhi secara langsung dan positif oleh regulasi diri.
Kata kunci: regulasi diri, literasi TIK, berpikir logis, algoritma pemrograman
Bibliografi : lembar 131-135
TM00001996 | TM 1996 | UPT Perpustakaan UNJ (CD.07.2016.005) | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain