Text
Tindak tutur anak usia dini : suatu studi analisis isi di Taman Kanak-kanak (TK) Pertiwi Teladan Kota Metro Lampung
TINDAK TUTUR ANAK USIA DINI
(Suatu Studi Analisis Isi di Taman Kanak – Kanak (TK) Pertiwi Teladan Kota Metro Lampung)
NUR SYAMSIAH
ABSTRAK
Bahasa memegang peranan penting dalam berkomunikasi, namun bagaimanakah kesalingmengertian antara penutur dengan petutur pada anak usia dini dalam berkomunikasi. Fokus penelitian ini adalah tindak tutur bahasa anak usia dini. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode analisis isi, di Taman Kanak - Kanak (TK) Pertiwi Teladan Kota Metro Lampung tahun 2013.
Pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan teknik obser-vasi, wawancara, rekaman/catatan lapangan, dan studi dokumen. Analisis data dan pembahasan hasil penelitian ini menemukan bahwa jenis tindak tutur anak usia dini yang muncul adalah: 1) Tindak tutur representative tersebar pada tindak ilokusi: menyatakan, melaporkan, menunjukkan, menjelaskan, memastikan, menyanggah, dan membual. 2)Tindak tutur direktif tersebar pada tindak ilokus: Bertanya, menyuruh, memohon, menuntut, menyarankan, menantang, melarang, mengusir, peringatan, menghasut, memanggil, membujuk, mengajar, mengadu, mencoba. 3) Tindak tutur ekspresif tersebar pada ilokusi: menolak memuji, mengkritik, mengeluh, mengecam, menuduh, anggap enteng, rasa senang, rasa tidak suka, mengejek, marah, dan mengalihkan. 4) Tindak tutur komisif tersebar pada ilokusi: keinginan, mengancam, merencanakan, dan ilokusi meniru. Dan 5) Tindak tutur deklaratif tersebar pada ilokusi mendeklarasikan.
Hasil penelitian ini dapat disimpulkan bahwa tindak tutur bahasa anak usia dini terdiri dari jenis tidak tutur: representatif, direktif, ekspresif, komisif dan deklaratif. Sedangkan tuturan yang banyak dilakukan dalam aktifitas sehari-hari adalah tindak tutur jenis direktif yaitu tuturan yang mengharapkan orang lain melakukan apa yang dia tuturkannya. Selanjutnya, dikemumakan rekomendasi penelitian: 1) Diperlukan penelitian lanjutan penerapan tindak tutur pada anak usia dini, 2) Hasil peneliitian tindak tutur perlu di implementasikan sebagai acuan dalam pengembangan bahasa dan penyusunan bahan ajar anak usia dini.
Kata kunci: Tindak tutur, representatif, direktif, ekspresif, komisif, dan deklaratif.
Bibliografi : lembar 155-158
TM00004746 | TM 4746 | UPT Perpustakaan UNJ | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain