Text
Pengembangan buku suplemen matematika teorema pythagoras dengan pendekatan pendidikan matematika realistik Indonesia (PMRI) kelas VIII SMP
ABSTRAK
Dian Sari Febiarti. Pengembangan Buku Suplemen Matematika Teorema Pythagoras dengan Pendekatan Pendidikan Matematika Realistik Indonesia (PMRI) kelas VIII SMP. Skripsi. Jakarta : Program Studi Pendidikan Matematika, Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam, Universitas Negeri Jakarta (UNJ), Juli, 2016.
Penelitian pengembangan ini bertujuan untuk menghasilkan bahan ajar berupa buku suplemen sebagai salah satu sumber belajar pada pembelajaran matematika di kelas VIII SMP. Berdasarkan analisis kebutuhan kepada guru dan siswa, materi dalam buku yang dikembangkan adalah teorema Pythagoras. Pendekatan Pendidikan Matematika Realistik digunakan dalam pengembangan buku suplemen dengan menerapkan kelima karakter pendekatan Pendidikan Matematika Realistik pada buku suplemen yaitu konteks, model, kontribusi siswa, interaktivitas dan keterkaitan.
Penelitian ini merupakan penelitian dan pengembangan (Research and Development) yang terdiri dari 6 tahap, yaitu: (1) melakukan analisis kebutuhan terhadap produk yang akan dikembangkan, (2) mengembangkan produk awal, (3) validasi ahli dan revisi, (4) evaluasi satu-satu, (5) uji coba lapangan skala kecil dan revisi, (6) uji coba lapangan skala besar kemudian revisi. Tahap pengembangan produk awal dibantu oleh Dosen Pembimbing. Validasi uji ahli terdiri dari uji ahli materi dan bahasa dan uji ahli media. Evaluasi satu-satu terdiri dari 3 orang siswa. Uji coba lapangan skala kecil terdiri dari 8 orang siswa. Uji coba lapangan skala besar melibatkan 50 orang siswa. Keenam tahap tersebut dilakukan secara berurutan sehingga menghasilkan produk akhir.
Hasil penelitian ini berupa buku suplemen matematika teorema Pythagoras dengan pendekatan Pendidikan Matematika Realistik (PMR) untuk kelas VIII SMP yang telah dinyatakan sangat baik dan layak sehingga dapat menjadi penunjang pembelajaran matematika di kelas. Berdasarkan hasil validasi ahli materi dan bahasa, presentase rata-rata keseluruhan angket sebesar 84,09 maka buku suplemen yang dihasilkan dikategorikan sangat baik. Sementara itu, hasil analisis ahli media juga memberi penilaian sangat baik dengan presentase rata-rata keseluruhan angket sebesar 82,96. Begitu pun pada hasil evaluasi satu-satu, uji coba lapangan skala kecil, dan uji coba lapangan skala besar, ketiganya memberi penilaian sangat baik dengan presentase rata-rata keseluruhaan angket masing-masing sebesar 85,94% (one to one), 88% (kelompok kecil), dan 85,4% (kelompok besar). Berdasarkan semua hasil tersebut maka buku suplemen yang dikembangkan dapat digunakan dalam proses pembelajaran.
Kata Kunci: Buku suplemen, bahan ajar, Pendekatan Pendidikan Matematika Realistik, pembelajaran, pengembangan,Teorema Pythagoras.
Bibliografi : lembar 82-83
SS00010804 | SK 10804 | UPT Perpustakaan UNJ (CD.03.2016.004) | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain