Text
Teacher's metalinguistic corrective feedback on students writing
ABSTRAK
YUNITA NUR ‘AINI. 2016. Umpan Balik Metalinguistik Guru pada Tulisan Siswa. Skripsi. Jurusan Bahasa dan Sastra Inggris, Fakultas Bahasa dan Seni, Universitas Negeri Jakarta.
Penelitian ini bertujuan untuk mencari tahu bagaimana dan seberapa jauh umpan balik metalinguistik berperan dalam mengubah kualitas tulisan siswa. Penelitian ini menggunakan kualitatif studi dengan studi kasus sebagai metode. Instrumen penelitian ini adalah tabel mengenai kesalahan tata bahasa dan konten tulisan serta rekaman penelasan metalinguistik guru. Penelitian ini fokus pada konten dan tata bahasa yang mencakup kata kerja, kata benda, article, kata, dan struktur kalimat. Pada penelitian ini, semua kesalahan tata bahasa dihitung dan nilai konten diberikan oleh dua penilai. Kemudian, penelitian ini membandingkan kesalahan tata bahasa dan nilai konten pada draf dan tulisan dalam konteks baru. Penelitian menemukan bahwa kualitas tulisan siswa, dari segi tata bahasa dan konten, meningkat pada draf dan konteks baru. Akan tetapi, beberapa kategori tata bahasa (kesalahan pada kata benda, kata kerja, dan kata) ditemukan meningkat pada konteks baru.
Kata Kunci: Umpan Balik Metalinguistik, Tulisan Siswa, Keakurasian Bahasa
Bibliografi : lembar 54-55
SS00010813 | SK 10813 | UPT Perpustakaan UNJ (CD.02.2016.004) | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain