Text
Peningkatan kecerdasan logika matematika pada proses bermain konstuktif : penelitian tindakan di kelompok B PAUD Bhakti Famili kota Bengkulu tahun 2016
PENINGKATAN KECERDASAN LOGIKA MATEMATIKA PADA PROSES
BERMAIN KONSTRUKTIF
(Penelitian Tindakan Pada Kelompok B3 TK Bhakti Famili
Kota Bengkulu Tahun Ajaran 2015/2016)
Alfira Isma Santi
PAUD PPS Universitas Negeri Jakarta
Jl. Rawamangun Muka, Jakarta Timur. Email: paud.ppsunj@gmail.com
Penelitian tindakan ini bertujuan untuk untuk melihat proses dari
kegiatan bermain konstruktif untuk meningkatkan kecerdasan logika
matematika anak kelompok B TK Bhakti Famili Kota Bengkulu. Subjek
penelitian tindakan ini berjumlah 14 orang anak. Penelitian tindakan ini
mengacu pada model penelitian tindakan Kemmis dan Mc Taggart yang
terdiri dari tahapan perencanaan, tindakan dan observasi, serta refleksi.
Penelitian ini terdiri dari 2 siklus.Teknik analisis data yang digunakan dalam
penelitian ini adalah teknik analisis data kualitatif dan kuantitatif. Analisis data
kualitatif dengan cara menganalisis data dari hasil catatan lapangan, catatan
wawancara dan catatan dokumentasi dengan langkah-langkah reduksi data,
display data, dan verifikasi data. Analisis data kuantitatif dengan stsatistik
deskripstif yaitu membandingkan hasil yang diperoleh dari pra siklus, siklus
pertama, dan siklus kedua. Hasil penelitian ini menunjukkan adanya
peningkatan kecerdasan logika matematika melalui bermain konstruktif dapat
dibuktikan rata-rata TCP dalam satu kelas pada pra siklus sebesar 35,07
mengalami peningkatan pada siklus I sebesar 55,85 dan pada siklus II
menjadi 76,57.
Kata Kunci: kecerdasan logika matematika, bermain konstruktif,
penelitian tindakan
Bibliografi : lembar 267-272
TM00001999 | TM 1999 | UPT Perpustakaan UNJ (CD.07.2016.008) | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain