Text
Peningkatan kecerdasan emosional pada proses bercerita pada mata pelajaran bahasa Indonesia : penelitian tindakan DI kelas 2 SDN Bekasi Jaya xiv Bekasi tahun ajaran 2010/2011
ABSTRAK
Tujuan penelitian ini adalah mengetahui proses pembelajaran untuk meningkatkan kecerdasan emosional anak kelas 2 melalui bercerita dan perubahan yang terjadi setelah dilakukan tindakan. Penelitian ini dilaksanakan di SDN Bekasi Jaya XIV dengan subyek penelitian sebanyak 25 anak. Penelitian ini menggunakan metode penelitian tindakan menurut Kemmis dan Mc Taggart yang terdiri dari empat tahap yaitu perencanaan, tindakan, pengamatan, dan refleksi. Teknik pengumpulan data menggunakan catatan lapangan, wawancara, dokumentasi, dan observasi. Analisis data secara deskriptif. Hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan prosentase kecerdasan emosional anak pada pra penelitian kriteria ‘Kurang’ berjumlah 64%, dan ‘Sedang’ 36%. Di siklus I kriteria ‘Kurang’ 12%,60% untuk kriteria ‘Sedang’, 48% untuk kriteria ‘Baik’ Di siklus II prosentase kriteria ‘Baik’ menjadi 68%, Kriteria ‘Sedang’ menurun menjadi 32%. Dengan demikian metode bercerita dapat meningkatkan kecerdasan emosional anak kelas 2 SD.
Bibliografi : lembar 231-234
TM00002001 | TM 2001 | UPT Perpustakaan UNJ (CD.07.2016.004) | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain