Text
Peningkatan kecerdasan visual spasial melalui kegiatan montase : Penelian tindakan di kelompok B TK FKIP UNRI kota Pekanbaru provinsi Riau tahun ajaran 2015/2016
ABSTRAK
Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kecerdasan visual spasial anak melalui kegiatan montase. Penelitian ini dilaksanakan di kelompok B TK FKIP UNRI Kota Pekanbaru provinsi Riau dengan 15 orang anak. Penelitian ini dilaksanakan pada bulan April sampai Mei 2016. Penelitian ini menggunakan rancangan penelitian tindakan dengan model Kemmis dan Mc Taggart, melalui dua siklus yang terdiri dari delapan pertemuan pada siklus I dan enam kali pertemuan pada siklus II yang meliputi tahap perencanaan, tindakan, observasi dan refleksi. Analisis data menggunakan analisis kuantitatif dan kualitatif. Hasil penelitian ini menunjukkan adanya peningkatan kecerdasan visual spasial anak melalui kegiatan montase. Rata-rata skor kecerdasan visual spasial pra siklus sebesar 30,06, kemudian mengalami peningkatan menjadi 38,46 pada akhir siklus I dan mengalami peningkatan kembali menjadi 47,53 pada akhir siklus II.
Kata Kunci : Kecerdasan Visual spasial, Kegiatan Montase, dan Penelitian Tindakan.
Bibliografi : lembar 188-194
TM00002002 | TM 2002 | UPT Perpustakaan UNJ (CD.07.2016.005) | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain