Text
Teacher's instructions to develop students' thinking ability
ABSTRAK
DITTA SEPTIYANI. 2016. Instruksi Guru untuk Mengembangkan Kemampuan Berpikir Siswa. Jakarta: Jurusan Bahasa dan Sastra Inggris, Fakultas Bahasa dan Seni, Universitas Negeri Jakarta. Agustus 2016.
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis wacana kelas difungsikan sebagai instruksi guru dalam pembelajaran bahasa Inggris untuk Siswa SMA. Interaksi kelas selama pembelajaran bahasa Inggris direkam dan ditranskrip untuk menggambarkan wacana kelas Transkripsi dianalisis untuk menemukan tujuan dari instruksi yang diberikan. Kemudian, tujuan dari kegiatan pembelajaran yang diminta dari instruksi guru dianalisis berdasarkan Taksonomi Bloom. Hasil penelitian menunjukkan ada 54 ujaran difungsikan sebagai instruksi guru. Tujuan dari instruksi guru adalah untuk mengarahkan (39%), untuk memberikan ikhtisar (20%), untuk menginformasikan strategi (15%), untuk menginformasikan hasil yang harus dicapai (13%), dan untuk menjelaskan prosedur (15%). Dari 19 tujuan instruksi guru. Persentase masing-masing tingkat yang dikembangkan adalah sebagai berikut; memahami (37 %), menganalisa (23%), menerapkan (16%), mengevaluasi (5 %), mengingat (0 %), dan membuat (0 %). Instruksi guru yang diberikan pada siswa masih dominan di level menengah berdasarkan Taksonomi Bloom.
Kata Kunci: instruksi, keterampilan berpikir, taksonomi Bloom
Bibliografi : lembar 34-36
SS00010820 | SK 10820 | UPT Perpustakaan UNJ (CD.02.2016.007) | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain