Text
Pengaruh metode pembelajaran dan kemandirian belajar terhadap keterampilan menulis eksplanasi : studi eksperimen pada siswa kelas VII SMPN 234 Jakarta Timur
PENGARUH METODE PEMBELAJARAN DAN KEMANDIRIAN BELAJAR TERHADAP KETERAMPILAN MENULIS EKSPLANASI
(Studi Eksperimen pada Siswa Kelas VII SMPN 234 Jakarta Timur)
RAJIASTUTI
Universitas Negeri Jakarta, Program Pascasarjana (S2)
Jalan Rawamangun Muka, Jakarta Timur, DKI Jakarta 13220
ABSTRAK: Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh metode pembelajaran (teknik picture and picture dan teknik example nonexample) dan kemandirian belajar terhadap keterampilan menulis eksplanasi siswa Kelas VII SMPN 234 Jakarta Timur . Metode penelitian yang digunakan adalah metode eksperimen dengan menggunakan desain factorial 2 x 2. Sampel yang digunakan 36 siswa dipilih secara acak. Dalam penelitian ini terdapat tiga variabel yaitu metode pembelajaran, kemandirian belajar siswa dan keterampilan menulis eksplanasi. Analisis data yang dilakukan adalah Analisis Varian (ANAVA) dua jalur, dilanjutkan dengan uji Tuckey. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) adanya perbedaan yang signifikan hasil keterampilan menulis eksplanasi siswa yang belajar dengan teknik pembelajaran picture and picture dengan teknik pembelajaran example nonexample. (2) keterampilan menulis eksplanasi siswa yang belajar dengan teknik pembelajaran picture and picture lebih baik dibandingkan keterampilan menulis eksplanasi dengan teknik pembelajaran example nonexample pada kelompok siswa yang memiliki kemandirian belajar tinggi. (3) Keterampilan menulis eksplanasi siswa yang belajar dengan teknik pembelajaran example nonexample lebih baik dibandingkan dengan keterampilan menulis eksplanasi yang menggunakan teknik pembelajaran picture and picture pada kelompok siswa yang memiliki kemandirian belajar rendah. (4) Terdapat pengaruh interaksi antara metode pembelajaran dan kemandirian belajar terhadap keterampilan menulis eksplanasi siswa.
Kata kunci: metode pembelajaran, keterampilan menulis eksplanasi, kemandirian belajar, dan eksperimen.
Bibliografi : lembar 161-164
TM00002062 | TM 2062 | UPT Perpustakaan UNJ (CD.07.2016.004) | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain