Text
Pendidikan karakter pada pembelajaran bahasa Indonesia : penelitian etnografi di kelas di kelas XI SMA Islam Al-Azhar Kelapa Gading
PENDIDIKAN KARAKTER PADA PEMBELAJARAN BAHASA INDONESIA
(Penelitian Etnografi di SMA Islam Al-Azhar Kelapa Gading Jakarta)
Wati Fatmawati
Abstrak
Tujuan penelitian ini adalah untuk memperoleh pemahaman yang mendalam tentang pendidikan karakter dalam pembelajaran bahasa Indonesia pada peserta didik kelas XI IPA di SMA Islam Al-Azhar Kelapa Gading Jakarta. Tujuan tersebut diperinci ke dalam empat subfokus, yaitu (1) Pendidikan karakter yang terdapat dalam silabus, (2) Pelaksanaan pendidikan karakter dalam pembelajaran, (3) Peran guru dan peserta didik dalam pendidikan karakter, dan (4) sistem penilaian pendidikan karakter pada pembelajaran bahasa Indonesia. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode etnografi. Penelitian ini menyimpulkan bahwa pendidikan karakter dalam pembelajaran bahasa Indonesia di SMA Islam Al-Azhar Kelapa Gading Jakarta merupakan perpaduan antara kurikulum 2013 dengan kurikulum pendidikan karakter milik sekolah yang terbagi menjadi 4 pilar, yaitu rabbaniyyah, insaniyyah, ilmiyyah, dan alamiyyah. Keempat pilar ini diintegrasikan ke dalam kegiatan pembelajaran secara menyeluruh dan berkesinambungan sehingga karakter Islami yang ditanamkan diharapkan dapat menjadi karakter yang melekat dalam diri peserta didik dan diaplikasikan dalam kehidupan sehari-hari.
Kata kunci: Pendidikan karakter, Pembelajaran bahasa Indonesia, Etnografi
Bibliografi : 271-276
TM00002061 | TM 2061 | UPT Perpustakaan UNJ (CD.07.2016.003) | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain