Text
Pengaruh penerapan active, joyful, and effective learning (AJEL) pada materi perubahan lingkungan terhadap sikap peduli lingkungan siswa
ABSTRAK
NURNAWATI. Pengaruh Penerapan Active, Joyful, And Effective
Learning (AJEL) Pada Materi Perubahan Lingkungan terhadap Sikap
Peduli Lingkungan Siswa. Skripsi. Jakarta: Program Studi Pendidikan
Biologi, Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam, Universitas
Negeri Jakarta. 2016.
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh penerapan Active,
Joyful and Effective Learning (AJEL) terhadap sikap peduli lingkungan
siswa kelas X SMA Negeri 33 Jakarta. Sampel penelitian diperoleh
dengan teknik simple random sampling dengan satu kelas eksperimen
yaitu kelas X-IPA 1 dan satu kelas kontrol X-IPA 3 dengan jumlah sampel
sebanyak 62. Penelitian ini merupakan penelitian Kuasi Experimen,
dengan desain penelitian Non-randomized Control Group Pretest-Posttest
Design. Komponen model pembelajaran yang mencerminkan Active,
Joyful and Effective Learning (AJEL) yang digunakan pada penelitian ini
adalah time token, gallery walk, dan outdoor study. Setelah dilakukan uji
normalitas (uji Kolmogorof Smirnov) dan uji homogenitas (uji Fisher),
diketahui bahwa data berdistribusi normal dan homogen. Peningkatan
sikap peduli lingkungan siswa diukur menggunakan uji N-Gain. Hasil yang
didapatkan yaitu pada kelas eksperimen nilai N-Gain sebesar 52,8 yang
termasuk ke dalam kategori peningkatan sedang. Pada kelas kontrol nilai
N-Gain sebesar 24,8 yang termasuk ke dalam kategori peningkatan
rendah. Hasil perhitungan uji hipotesis (Uji t) menunjukkan bahwa terdapat
pengaruh penerapan Active, Joyful and Effective Learning (AJEL)
terhadap sikap peduli lingkungan siswa.
Kata Kunci: active, joyful and effective learning (AJEL), sikap peduli
lingkungan.
Bibliografi : lembar 50-52
SS00010221 | SK 10221 | UPT Perpustakaan UNJ | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain