Text
Pengaruh strategi quantum teaching dan kecerdasan linguistik terhadap kemampuan menulis eksposisi : penelitian eksperimen terhadap siswa kelas X SMK Negeri 12 Bandung tahun ajaran 2015/2016
ABSTRAK
ABSTRAK: Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh strategi
quantum teaching dan kecerdasan linguistik terhadap kemampuan menulis
eksposisi di kelas X SMK Negeri 12 Bandung. Penelitian ini menggunakan
metode eksperimen dengan desain penelitian menggunakan treatment by level
2x2. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas X yang terdiri atas empat
belas kelas yang homogen dengan total populasi sebanyak 420 siswa dan
sampel siswa adalah 60 dipilih dengan penarikan sampel cluster sampling.
Pengumpulan data instrumen adalah tes kemampuan menulis dan tes
kecerdasan linguistik. Teknik analisis data adalah menggunakan analisis varians
dua jalur (ANAVA) dan selanjutnya dilanjutkan dengan uji Tukey pada tingkat
signifikansi α=0,05. Hasil penelitian menunjukkan bahwa, (1) ada perbedaan
yang signifikan hasil kemampuan menulis eksposisi siswa antara siswa belajar
dengan metode Visual, Auditori, Kinestetik (VAK) dan metode Mind Mapping
(nilai Fhitung = 50,057 dan sig. = 0,001 < α = 0,05) , (2) adanya interaksi antara
strategi quantum teaching dengan kecerdasan linguistik yang memberikan
pengaruh perbedaan terhadap kemampuan menulis teks eksposisi siswa (nilai
Fhitung = 28,913 dan sig. = 0,001 < α = 0,05), (3) hasil kemampuan menulis
eksposisi siswa yang memiliki kecerdasan linguistik tinggi dan dibelajarkan
dengan metode pembelajaran Visual, Auditory, Kinestethic (VAK) memiliki
kemampuan menulis teks eksposisi yang lebih baik daripada hasil kemampuan
menulis teks eksposisi siswa yang diajar dengan metode Mind Mapping (nilai
Qhitung = 12,45 dan sig. = 0,001 < α = 0,05), (4) hasil kemampuan menulis
eksposisi siswa yang memiliki kecerdasan linguistik rendah dan dibelajarkan
dengan metode Visual, Auditory, Kinestethic (VAK) memiliki kemampuan
menulis teks eksposisi siswa yang sama dengan hasil kemampuan menulis teks
eksposisi siswa yang diajar dengan metode Mind Mapping (nilai Qhitung = 1,70
dan sig. = 0,001 < α = 0,05
Kata kunci: quantum teaching, kecerdasan linguistik, kemampuan menulis
Bibliografi : lembar 178-181
TM00002058 | TM 2058 | UPT Perpustakaan UNJ (CD.07.2016.004) | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain