Text
Pengaruh penerapan model pembelajaran group investigation (GI) terhadap kemampuan berpikir analisis siswa pada materi pencemaran lingkungan
ABSTRAK
NARES WARI. Pengaruh Penerapan Model Pembelajaran Group
Investigation (GI) terhadap Kemampuan Berpikir Analisis Siswa pada
Materi Pencemaran Lingkungan. Skripsi. Jakarta: Program Studi
Pendidikan Biologi, Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam,
Universitas Negeri Jakarta. Juni 2016.
Kemampuan berpikir analisis merupakan salah satu bagian dari proses
berpikir tingkat tinggi. Kemampuan berpikir analisis dibutuhkan dalam
memecahkan suatu permasalahan dalam proses pembelajaran. Terdapat
5 proses dalam berpikir analisis, antara lain mencocokkan,
mengklasifikasikan, analisis kesalahan, menggeneralisasikan, dan
merinci. Model pembelajaran Group Investigation (GI) diterapkan dalam
pembelajaran guna meningkatkan kemampuan berpikir analisis siswa
pada materi pencemaran lingkungan. Penelitian ini bertujuan untuk
mengetahui pengaruh penerapan model pembelajaran Group
Investigation (GI) terhadap kemampuan berpikir analisis siswa pada
materi pencemaran lingkungan. Penelitian ini dilaksanakan pada semester
genap tahun ajaran 2015/2016 pada bulan April-Mei 2016 di SMP
Labschool Kebayoran. Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif
dengan metode quasi eksperimen. Subjek penelitian ini adalah siswa
kelas VII-B dan kelas VII-F SMP Labschool Kebayoran. Instrumen yang
digunakan berupa soal post-test sebanyak 15 soal essay dan lembar
observasi keterlaksanaan pembelajaran. Berdasarkan hasil penelitian,
diperoleh rata-rata skor tes kemampuan berpikir analisis pada kelas
eksperimen lebih besar dibandingkan dengan kelas kontrol yaitu 78,46 >
69,43. Uji prasyarat analisis data menunjukkan bahwa data berdistribusi
normal dan kedua kelompok kelas berasal dari populasi yang homogen. Uji
hipotesis menggunakan uji t pada taraf signifikansi 0,05 menunjukkan
bahwa terdapat pengaruh penerapan model pembelajaran Group
Investigation (GI) terhadap kemampuan berpikir analisis siswa pada
materi pencemaran lingkungan.
Kata kunci: group investigation (gi), kemampuan berpikir analisis
Bibliografi : lemnbar 53-55
SS00010232 | SK 10232 | UPT Perpustakaan UNJ (CD.03.2016.001) | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain