Text
Pengembangan media pembelajaran interaktif berbasis flash materi sistem reproduksi manusia di SMA
ABSTRAK
Yunida Wulandari, Pengembangan Media Pembelajaran
Interaktif Berbasis Flash pada Materi Sistem Reproduksi Manusia di
SMA. Skripsi. Jakarta: Program Studi Pendidikan Biologi, Fakultas
Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam, Universitas Negeri Jakarta, Juni
2016
Media Pembelajaran Interaktif Berbasis Flash pada Materi Sistem
Reproduksi Manusia dikembangkan berdasarkan pada kebutuhan siswa
dan guru SMA Negeri 71 Jakarta akan media pembelajaran alternatif.
Media pembelajaran ini berbasis sistem komputer yang merespon aksi
pengguna untuk menampilkan teks, gambar, animasi, video, dan audio.
Tujuan penelitian ini adalah mengembangkan Media Pembelajaran
Interaktif Berbasis Flash pada Materi Sistem Reproduksi Manusia di SMA
Negeri 71 Jakarta. Metode yang digunakan pada penelitian ini yaitu
penelitian dan pengembangan (Research and Development), terdiri dari
tahap pra pengembangan, pengembangan, dan uji coba produk. Pada
tahap akhir, penilaian diberikan oleh ahli, guru, dan kelompok siswa.
Persentase penilaian yang diberikan oleh ahli media dan materi yaitu
83,9% (interpretasi sangat baik) dan 78,8% (interpretasi baik). Guru
biologi memberikan penilaian 92,3% (interpretasi sangat baik), sedangkan
siswa kelompok kecil dan besar memberikan penilaian 77,75%
(interpretasi baik) dan 87,13% (interpretasi sangat baik). Persentase ratarata
penilaian 83,9% dengan interpretasi sangat baik, maka berdasarkan
hasil tersebut dapat disimpulkan bahwa Media Pembelajaran Interaktif
Berbasis Flash pada Materi Sistem Reproduksi Manusia telah layak
digunakan dalam pembelajaran Biologi.
Kata Kunci: media pembelajaran interaktif berbasis flash, penelitian dan
pengembangan, sistem reproduksi manusia
Bibliografi : lembar 71-73
SS00010234 | SK 10234 | UPT Perpustakaan UNJ (CD.03.2016.001) | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain