Text
Hubungan self-regulated learning dengan prestasi belajar biologi siswa SMAN 8 Jakarta
ABSTRAK
HAPSARI KUSUMANINGTYAS. Hubungan Self-Regulated
Learning dengan Prestasi Belajar Biologi Siswa SMAN 8 Jakarta.
Skripsi. Jakarta: Program Studi Pendidikan Biologi. Fakultas
Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam. Universitas Negeri Jakarta.
2016.
Self-Regulated Learning adalah proses pengaturan diri dalam belajar
pada diri siswa dengan siswa menentukan tujuan, memilih strategi
untuk mencapai tujuan dan kemudian mengevaluasi hasilnya.
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan antara Self-
Regulated Learning dengan prestasi belajar biologi siswa SMAN 8
Jakarta. Penelitian ini dilaksanakan di SMA Negeri 8 Jakarta pada
bulan April 2016. Metode yang digunakan adalah metode dekriptif
dengan studi korelasional. Subjek penelitian adalah 72 siswa kelas X
yang dipilih dengan teknik simple random sampling. Skor rata-rata tes
Self-Regulated Learning siswa adalah 71,58 dan skor rata-rata
prestasi belajar siswa sebesar 81,04. Hasil uji prasyarat dengan
kolmogorov-Smirnov dan Uji Bartlett, data dinyatakan normal dan
homogen. Hasil uji regresi dan uji linieritas diperoleh dengan model
regresi sederhana Ý = 80,085 + 0,013X yang bersifat signifikan dan
linier pada taraf signifikansi 0,849 dengan koefisien korelasi (rxy)
berkriteria rendah yaitu 0,023, dapat disimpulkan bahwa tidak terdapat
hubungan antara tingkat Self-Regulated Learning dan prestasi belajar
siswa. Menurut hasil perhitungan koefisien determinasi, kontribusi Self-
Regulated Learning terhadap prestasi belajar biologi siswa adalah
sebesar 0,1%.
Kata kunci: self-regulated learning, prestasi, siswa
Bibliografi : lembar 58-60
SS00010235 | SK 10235 | UPT Perpustakaan UNJ | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain