Text
Peningkatan keterampilan sosial melalui kegiatan bermain benteng-bentengan : penelitian tindakan di kelompok B TK PGRI desa Tababan, kecamatan Suralaga Lombok Timur tahun 2016
ABSTRAK
Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan keterampilan sosial pada anak usia 5-6 tahun di TK PGRI, Tebaban, Lombok Timur. Penelitian ini menggunakan metode penelitian tindakan kelas (action research) model Kemmis dan Taggart, yang meliputi empat tahapan, yaitu (1) perencanaan, (2) tindakan, (3) pengamatan, (4) refleksi. Tehnik Pengambilan data menggunakan catatan lapangan, wawancara, dokumentasi dan observasi. Sampel diambil dari 16 anak berusia 5-6 tahun. Hasil penelitian menunjukkan adanya proses peningkatan hasil pada keterampilan sosial anak melalui bermain benteng-bentengan. Dengan memberikan suatu tindakan pada subjek yang diteliti melalui bermain benteng-bentengan sebagai variabel bebas dan untuk mengetahui peningkatan keterampilan sosial anak sebagai variable terikat. Hal ini dapat dilihat mulai dari hasil pra-intervensi sampai dengan siklus II dimana keterampilan sosial yang dimiliki siswa kelas B secara keseluruhan meningkat dengan rerata 20,25.Hasil dari TCP rata-rata pra-.intervensi 38,12 dan meningkat sampai dengan 49,19 pada siklus II.
Keywords: keterampilan sosial, bermain benteng-bentengan, penelitian tindakan.
Bibliografi : lembar 333-337
TM00002054 | TM 2054 | UPT Perpustakaan UNJ (CD.07.2016.003) | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain