Text
Hubungan antara disiplin belajar siswa dengan hasil belajar IPA kelas IV SD di kelurahan Cibubur Jakarta Timur
HUBUNGAN ANTARA DISIPLIN BELAJAR SISWA DENGAN HASIL BELAJAR IPA KELAS IV SD DI KELURAHAN CIBUBUR JAKARTA TIMUR (2016) Dian Rahma Pertiwi
ABSTRAK
Penelitian korelasi ini bertujuan untuk mengetahui hubungan antara disiplin belajar siswa dengan hasil belajar IPA kelas IV SD di Kelurahan Cibubur Jakarta Timur. Sampel dalam penelitian ini adalah siswa kelas IV SDN Cibubur 09 Pagi dan SDN Cibubur 10 Pagi Kelurahan Cibubur Jakarta Timur sebanyak 70 siswa. pengambilan sampel menggunakan teknik cluster simple random sampling. Metode yang digunakan adalah metode penelitian kuantitatif dengan teknik korelasional. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan angket dan tes hasil belajar IPA dan dianalisis dengan menggunakan Uji-t. Hasil penelitian menunjukkan bahwa disiplin belajar siswa berhubungan positif dengan hasil belajar IPA kelas IV SD dengan thitung = 8.555 > 1.995 = ttabel. Hasil ini menunjukkan bahwa disiplin belajar siswa dapat dijadikan sebagai salah satu upaya untuk meningkatkan hasil belajar IPA di kelas IV SD. Oleh sebab itu, guru perlu mengajarkan disiplin belajar kepada siswa di kelas sehingga dapat mengubah perilaku siswa dalam belajar sehingga dapat meningkatkan hasil belajar IPA siswa kelas IV SD.
Kata Kunci: Disiplin Belajar Siswa, Hasil Belajar IPA Kelas IV SD
Bibliografi : lembar 74-75
SS00010250 | SK 10250 | UPT Perpustakaan UNJ (CD.01.2016.001) | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain