Text
Pengaruh persepsi pola asuh otoriter orang tua terhadap kecerdasan emosi pada siswa sekolah menengah pertama di Kecamatan Pulogadung
PENGARUH PERSEPSI POLA ASUH OTORITER ORANGTUA TERHADAP KECERDASAN EMOSI PADA SISWA SEKOLAH MENENGAH PERTAMA DI KECAMATAN PULOGADUNG
Qonita Aulia Annisa Skripsi Jakarta Program Studi Psikologi Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Jakarta 2016
ABSTRAK
Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui pengaruh persepsi pola asuh otoriter orangtua terhadap kecerdasan emosi pada siswa sekolah menengah pertama di Kecamatan Pulogadung. Metode penelitian yang digunakan adalah metode penelitian kuantitatif dan teknik sampling yang digunakan dalam penelitian ini adalah probability dengan sample random sampling. Dalam penelitian ini persepsi pola asuh otoriter orangtua memiliki pengaruh sebesar 13,1% dan 86,9% lainnya dipengaruhi oleh faktor lain yang tidak diteliti dalam penelitian ini. Berdasarkan analisis regresi dapat diketahui bahwa F hitung sebesar 17,637 dengan nilai p = 0,000< 0,05 dan F hitung > F tabel (signifikan). Hasil penelitian yang ada menunjukkan terdapat pengaruh negatif antara persepsi pola asuh otoriter orangtua terhadap kecerdasan emosi pada siswa, maka artinya semakin tinggi persepsi pola asuh otoriter orangtua terhadap anak maka semakin rendah kecerdasan emosi yang dimiliki anak dan sebaliknya semakin rendah persepsi pola asuh otoriter orangtua terhadap anak semakin tinggi kecerdasan emosi pada anak.
Kata kunci: Kecerdasan Emosi, Pola Asuh Otoriter.
Bibliografi : lembar 58-60
SS00010249 | SK 10249 | UPT Perpustakaan UNJ (CD.01.2016.003) | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain