Text
Peningkatan kemampuan keaksaraan melalui kegiatan menjurnal : penelitian tindakan di kelompok A taman kanak-kanak Islam Bina Insan Mandiri Bekasi tahun 2016
Abstrak: Penelitian ini bertujuan untuk memperoleh data empiris mengenai kegiatan menjurnal dalam upaya meningkatkan kemampuan keaksaraan siswa taman kanak-kanak. Metode yang digunakan dalam penelitian in adalah penelitian tindakan kelas dalam penelitian ini, peneliti bertindak sebagai observator dan guru sebagai kolaborator. Penelitian tindakan ini dilakukan melalui empat tahap kegiatan, yaitu perencanaan, tindakan, observasi dan refleksi. Tindakan dalam penelitian ini dilakukan sebanyak 2 siklus dengan jumlah total 31 pertemuan. Sumber data dalam penelitian ini adalah Siswa Kelompok A TK Islam Bina Insani Mandiri. Pengumpulan data penelitian dilakukan melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kegiatan menjurnal dapat meningkatkan kemampuan keaksaraan siswa yang pada pra siklus skor rata-rata kelas sebesar 39,3%. Kemudian meningkat menjadi 65,9% siklus pertama dan terus meningkat menjadi 86,1% pada siklus kedua. Hal tersebut memperlihatkan telah tercapainya target penelitian minimal 71%. Hasil penelitian menyimpulkan bahwa kegiatan menjurnal merupakan salah satu alternatif kegiatan pembelajaran yang baik dalam meningkatkan kemampuan keaksaraan siswa.
Kata kunci: Kemampuan, Keaksaraan, Kegiatan, Menjurnal, Taman Kanak-kanak
Bibliografi : lembar 313-319
TM00002051 | TM 2051 | UPT Perpustakaan UNJ (CD.07.2016.005) | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain