Text
Hubungan kemampuan berpikir kritis dan minat baca dengan kemampuan membaca kritis pada siswa kelas tinggi SD Negeri di kabupaten Bogor
HUBUNGAN KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS DAN MINAT BACA DENGAN KEMAMPUAN MEMBACA KRITIS PADA SISWA KELAS TINGGI SEKOLAH DASAR NEGERI DI KABUPATEN BOGOR
SARIYEM
ABSTRAK
Tujuan penelitian ini untuk mengetahui hubungan kemampuan berpikir kritis dan minat baca dengan kemampuan membaca kritis pada siswa kelas tinggi SD Negeri di kabupaten Bogor, dengan jumlah sampel 203 orang siswa. Penelitian ini menggunakan metode survei dengan pendekatan statistik regresi dan korelasi. Masalah yang menjadi fokus penelitian ini adalah: (1). Apakah terdapat hubungan kemampuan berpikir kritis dengan kemampuan membaca kritis pada siswa kelas tinggi SD Negeri di Kabupaten Bogor?, (2). Apakah terdapat hubungan minat baca dengan kemampuan membaca kritis pada siswa kelas tinggi SD Negeri di Kabupaten Bogor?, (3). Apakah terdapat hubungan kemampuan berpikir kritis dan minat baca dengan kemampuan membaca kritis pada siswa kelas tinggi SD Negeri di Kabupaten Bogor?. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1). Terdapat hubungan positif antara kemampuan berpikir kritis dengan kemampuan membaca kritis dengan taraf signifikan α = 0,05 didapat t hitung 10,662 ˃ t tabel 1,972. (2). Terdapat hubungan positif antara minat baca dengan kemampuan membaca kritis dengan taraf signifikan α = 0,05 didapat t hitung 10,887 ˃ t tabel 1,972. (3). Terdapat hubungan positif antara berpikir kritis dan minat baca dengan kemampuan membaca kritis dengan taraf signifikan α = 0,05 didapat F hitung 107,314 ˃ F tabel 4,712. Implikasi dalam penelitian ini mengidentifikasikan bahwa kemampuan membaca kritis dapat dipengaruhi kemampuan berpikir kritis dan minat baca siswa.
Kata Kunci : Kemampuan berpikir kritis, minat baca, kemampuan membaca kritis dan siswa sekolah dasar.
Bibliografi : lembar 98-102
TM00002049 | TM 2049 | UPT Perpustakaan UNJ (CD.07.2016.003) | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain