Text
Survei harapan guru pembimbing khusus (GPK) terhadap penyelenggaraan pendidikan inklusif di Jakarta Timur
SURVEI GURU PEMBIMBING KHUSUS (GPK) TERHADAP PENYELENGGARAAN PENDIDIKAN INKLUSIF DI JAKARTA TIMUR
Putri Anggraini
ABSTRAK
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui harapan Guru Pembimbing Khusus (GPK) terhadap penyelenggaraan pendidikan inklusif di Jakarta Timur. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode survei yang digunakan untuk menentukan sampel sesuai dengan tujuan penelitian ini, yaitu Guru Pembimbing khusus (GPK) yang bersedia mengisi angket. Teknik pengambilan sampel dalam penelitian ini menggunakan teknik purposive sampling. Populasi dalam penelitian ini adalah Guru Pembimbing khusus (GPK) terhahap penyelenggaraan pendidikan inklusif di Jakarta Timur. Sampel pada penelitian ini adalah 30 Guru Pembimbing khusus (GPK) dari 40 sekolah penyelenggaraan pendidikan inklusif. Pengumpulan data menggunakan angket dan dianalisis dengan cara deskriptif. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa harapan Guru Pembimbing khusus (GPK) dalam dimensi dorongan sangat tinggi, sementara dalam dimensi usaha masih tergolong rendah, kemudian tingkat ketercapaian antara yang diharapkan dengan dorongan usaha yang ada sudah cukup sesuai harapan Guru Pembimbing Khusus (GPK). Hal ini dibuktikan dari data hasil penelitian yang ada lebih banyak pada tingkat CSH (Cukup Sesuai Harapan).
Kata Kunci: Harapan, Guru Pembimbing Khusus (GPK), Pendidikan Inklusif
Bibliografi : lembar 70-72
SS00010241 | SK 10241 | UPT Perpustakaan UNJ (CD.01.2016.004) | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain