Text
" Pola ritmik kendang dalam seni pertunjukan ibing pencaksilat di desa juhut kabupaten Pandeglang-Banten
ABSTRAK
Dhita Nurunnisa. 2016. Pola Ritmik Kendang Dalam Seni Pertunjukan Ibing
Pencak Silat Di Desa Juhut Kabupaten Pandeglang-Banten. Skripsi. Jakarta:
Program Studi Sendratasik, Fakultas Bahasa dan Seni, Universitas Negeri Jakarta.
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui Pola Ritmik kendang
Ibing Pencak Silat serta mendokumentasikan pola ritmik kendang Ibing Pencak
Silat dalam bentuk notasi musik sebagai salah satu bentuk pelestarian kesenian
musik tradisional Indonesia.
Metode penelitian yang digunakan adalah metode penelitian kualitatif
deskriptif yang berfokus pada objek yang diteliti yaitu pola ritmik kendang dalam
seni pertunjukan ibing pencak silat. Penelitian dilakukan pada bulan November
2015 – Mei 2016 di Desa Juhut, Kabupaten Pandeglang Banten. Keabsahan data
menggunakan triangulasi yang diartikan sebagai pengecekan metode, teori, data
dari berbagai sumber.
Hasil penelitian terkait dengan penelitian yang diajukan yaitu seni
pertunjukan Ibing pencak silat susunan pertunjukannya dibagi menjadi 4 bagian,
yaitu Padungdung, Tepak Dua, Tepak Tilu, kemudian kembali lagi ke
Padungdung. Pada intinya pola padungdung merupakan pola pembuka dan
penutup. Pola ritmik kendang Tepak Dua terdiri dari 8 hitungan, Tepak Tilu 4
hitungan. Sedangkan pada pola Padungdung adalah pola ritmik bebas yang
artinya pengibing bebas bergerak, dan tidak terdapat pola hitungan pada gerakan
ibingnya. Pola ritmik kendang Pencak Silat dapat dijadikan sebagai acuan
pembelajaran dasar dalam bermain kendang penca karena telah dituliskan
kedalam notasi musik.
Kata kunci : Pola Ritmik, Kendang, Seni Pertunjukan, Ibing, Pencak Silat.
Bibliografi : lembar 74-76
SS00010865 | SK 10865 | UPT Perpustakaan UNJ (CD.02.2016.003) | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain