Text
The cognitive processes involved in the assessment tasks of english language teaching Methodology 2 (ELTM 2) course of Ele-SP UNJ
ABSTRAK
SARAH, 2016. Kognitif Proses yang Terlibat dalam Tugas Penilaian ELTM 2 Course dari ELE-SP UNJ. Jurusan Bahasa dan Sastra Inggris, Fakultas Bahasa dan Seni. Universitas Negeri Jakarta.
Penilaian memegang peranan penting dalam proses pembelajaran,termasuk dalam bahasa Inggris untuk orang asing (EFL). Hal ini memiliki peranan besar dalam mengukur pencapaian siswa dan mendapatkan informasi mengenai pengetahuan siswa dalam proses pembelajaran. Anderson L.W (2003:4) menyatakan bahwa di abad ini siswa proses pembelajaran harus bisa mencapai tingkat higher- order thinking skills (HOTS). Dalam pencapaian HOTS, tentu saja proses pembelajaran harus lebih dulu meraih kemampuan lower-order thinking skills (LOTS). Tugas penilaian sebagai alat untuk mengevaluasi pencapaian siswa harus memfasilitasi siswa untuk mecapai HOTS. Penelitian ini bertujuan untuk memperoleh profil mengenai kognitif proses yang terlibat dalam penilaian di mata kuliah ELE-SP English Language Teaching Methodology 2 (ELTM 2). Untuk tujuan ini, RPKPS dan semua tugas penilaian di mata kuliah ELTM 2 di analisi dan lima belas mahasiswa angkatan 2015 di wawancarai untuk mendapatkan jawaban untuk menjawab pertanyaan berikut: Bagaimana tugas penilaian di mata kuliah ELE-SP dijabarkan berdasarkan kognitif proses yang terlibat? Hasil analisis menunjukkan bahwa ada empat jenis tugas penilaian yang terlibat di mata kuliah ELTM 2 yang terdiri atas note-taking, performance, observasi dan portfolio. Sedangkan kognitif proses yang terlibat dalam tugas penilaian di mata kuliah ELTM 2 yaitu remember (37%), understand (26%), apply (37%), analyze (8%), evaluate (17%), dan create (8%). Dari data diatas, bisa dilihat bahwa LOTS (67%) lebih banyak berkontribusi dibandingkan HOT (33%).
Kata Kunci: praktik penilaian, kognitif proses, lower-order thinking, higher-order thinking, Bloom’s Taxonomy.
Bibliografi : lembar 46-47
SS00010870 | SK 10870 | UPT Perpustakaan UNJ (CD.02.2016.003) | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain